Advertisement

Sempat Landai, Kasus Covid-19 di Bantul Melonjak Lagi

Ujang Hasanudin
Selasa, 30 Juni 2020 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Sempat Landai, Kasus Covid-19 di Bantul Melonjak Lagi Foto ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Penularan Inveksi Coronavirus Disease (Covid-19) di Bantul sempat melandai sejak dua sepekan terakhir, namun kini kembali melonjak. Dalam sehari terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak enam orang per Selasa (30/6/2020).

Kepala Dinas Kesehatan, Agus Budi Raharjo mengatakan dalam 14 hari terakhir sebenarnya kasus Covid-19 di Bantul menunjukan angka penurunan. Bahkan dalam penentuan zonasi sebaran Covid hanya enam kecamatan di Bantul yang masuk kategori kuning atau zona risiko rendah dan hampir semua desa masuk dalam zona hijau atau zona tidak terdampak.

Advertisement

Namun ternyata masih ada temuan yang terkonfirmasi positif Covid-19, “Hari ini ada yang positif [enam orang]. Ini masih ada kepawaspadaan. Kami sinyalir ada kaitannya dengan kasus sebelumnya. Jadi kemungkinan indikasi ke tranmisi lokal masih terjadi di Bantul,” kata Agus, saat ditemui di Parasamya, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bantul, Selasa (30/6/2020).

Agus mengatakan enam pasien terkonfirmasi positif itu lima di antaranya terkait dengan pelaku perjalanan dari daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sementara satu orang lainnya masih dalam penelusuran.

Dengan adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, kata Agus, otomatis akan mengubah kembali peta zonasi resiko penularan Covid-19 per kecamatan dan per desa. Per 29 Juni lalu total pasien positif yang masih dalam perawatan sebanyak sembilan orang. dengan adanya penambahan enam orang maka pasien positif yang dirawat kini menjadi 14 orang.

Agus meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan karena tranmisi lokal penularan Covid-19 di Bantul masih terjadi. Dari informasi yang diperoleh enam pasien positif Covid terbaru itu lima orang di antaranya adalah warga Banguntapan dan satu orang warga Srandakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement