Wajahnya Terlihat Jelas di CCTV Saat Bobol Toko Optik di Kulonprogo, Residivis Langsung Diciduk

Ilustrasi - Freepik
06 Juli 2020 11:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Seorang residivis pencurian, Sugiyono alias Kimpleng, 38, warga Wates, ditangkap jajaran Polsek Wates, karena kedapatan mencuri sejumlah uang di sebuah Toko Optik di Jl. Brigjend Katamso, Wates, Kulonprogo.

Petugas mengungkap pencurian itu berdasarkan rekaman CCTV toko. Sugiyono diringkus di rumahnya pada Minggu (5/6) malam. Penangkapan ini bermula dari laporan Udi Priyanto, 50, pemilik Optik Wates, tentang pencurian di tokonya, Sabtu (4/6/2020) malam.

BACA JUGA: Peta Kerawanan Covid-19 di Gunungkidul: 4 Wilayah Zona Hijau & 3 Wilayah Zona Oranye

"Peristiwa ini pertama kali diketahui pegawai toko saat akan membuka toko pada Minggu pagi. Dia melihat pintu belakang sudah rusak dan menemukan bekas congkelan. Saat dicek, ternyata uang sebesar Rp850.000 yang disimpan dalam laci toko sudah lenyap," kata Kapolsek Wates, Kompol Endang Suprapti, kepada wartawan, Senin (6/7/2020) pagi.

Mendapat laporan itu, petugas kemudian diterjunkan ke tempat kejadian perkara. Titik terang siapa pelaku pencurian ini terkuak saat petugas memeriksa hasil rekaman CCTV. Dalam rekaman itu terlihat pelaku masuk lewat pintu belakang dengan cara mencongkel menggunakan alat congkel  ban sekitar pukul 23.00 WIB. Pelaku kemudian mengendap-endap ke dalam toko dan mengambil uang yang tersimpan di laci.

BACA JUGA: Perempuan Asal Gondokusuman Positif Corona! Ini Data Lengkap Sebaran Covid-19 di Kota Jogja

Endang menjelaskan dari rekaman itu juga terlihat wajah pelaku, Kimpleng. Pihaknya kemudian bergerak mendatangi rumah pelaku untuk mencocokkan dengan wajah yang ada di rekaman CCTV.

"Dan memang ternyata sama persis, setelah kami periksa lebih lanjut juga didapati barang bukti alat pencongkel ban yang digunakan untuk membobol toko," kata dia.

Pelaku adalah residivis kasus pencurian dan dia kemudian digelandang ke Mapolsek Wates guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.