Kasus Covid-19 di DIY Belakangan Kembali Meningkat, Ini Penyebabnya

Ilustrasi. - REUTERS/Ivan Alvarado
08 Juli 2020 19:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Kasus positif Covid-19 di DIY belakangan meningkat.

Terkait kecenderungan peningkatan kasus positif di DIY, Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menuturkan hal ini terjadi karena mobilitas masyarakat sudah semakin banyak.

Banyaknya mobilitas menurutnya membuat penanganan lebih sulit ketimbang saat masyarakat masih banyak yang tinggal di rumah.

Saat ini, banyak orang kembali beraktivitas di luar rumah. Menurutnya, aktivitas di luar ini tidak selalu karena bosan di rumah, tapi karena memang ada kepentingan.

Kendati demikian, ia melihat beberapa penambahan kasus yang merupakan transmisi lokal belum sampai menyebar terlalu jauh. “Baru anaknya impor, belum sampai cucu dan cicit,” katanya, Rabu (8/7/2020).

Untuk itu ia mengimbau masyarakat yang bermobilitas di luar daerah untuk benar-benar menjaga protokol kesehatan meski di daerah tersebut kebijakannya sudah lebih longgar. “lebih baik menjaga protokol dengan tetap berjauhan ketimbang berspekulasi,” katanya.

Dengan kembali dibukanya berbagai tempat keramaian, ia berpesan masyarakat mematuhi SOP yang telah diterapkan di setiap lokasi. “Pengelola bisa saja membuat tanda silang di kursi, menyediakan tempat cuci tangan, tapi kalau pengunjungnya tidak disiplin sama saja,” katanya.