Advertisement

Sultan Pastikan Trase Tol Jogja-Solo Tak Akan Berubah Lagi

Lugas Subarkah
Kamis, 09 Juli 2020 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Sultan Pastikan Trase Tol Jogja-Solo Tak Akan Berubah Lagi Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan rute tol trase Jogja-Solo sudah tidak akan berubah lagi. "Sesuai IPL, sudah disepakati semua pihak yang tanahnya dibebaskan," ujarnya.

Karena IPL sudah terbit, pemasangan patok dan pembebasan lahan sudah bisa dimulai Agustus mendatang dan diharapkan selesai pada pertengahan 2021, sehingga pembangunan bisa dimulai 2022.

Advertisement

Sementara itu Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, meminta pembangunan tol harus bersinergi dengan pemulihan ekonomi pasca covid-19. "Proyek nasional ini diharapkan bisa membantu secara signifikan recovery ekonomi," katanya.

Menurutnya, kuncinya di sinergi dan perencanaan. Pekerjaan apa saja yang bisa disinergikan, bagaimana pelibatan pengusaha dan tenaga kerja lokal, bagaimana exit toll dan setting ekonominya dan sebagainya.

"Semua itu harus direncanakan sejak awal agar memberikan dampak maksimal bagi recovery ekonomi DIY. Tanpa koordinasi kita khawatir warga DIY akan menonton saja proyek nasional berjalan dan bahkan hanya akan dapat akibat negatifnya seperti kebisingan, kemacetan dan sebagainya," ungkapnya.

Ia juga minta agar proyek ini dilaksanakan secara transparan sejak awal dan direncanakan secara baik, termasuk sisi keuangannya. Kontraktor kata dia, jangan sekedar mau menang sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement