Sultan Pastikan Trase Tol Jogja-Solo Tak Akan Berubah Lagi

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan
09 Juli 2020 19:47 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan rute tol trase Jogja-Solo sudah tidak akan berubah lagi. "Sesuai IPL, sudah disepakati semua pihak yang tanahnya dibebaskan," ujarnya.

Karena IPL sudah terbit, pemasangan patok dan pembebasan lahan sudah bisa dimulai Agustus mendatang dan diharapkan selesai pada pertengahan 2021, sehingga pembangunan bisa dimulai 2022.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, meminta pembangunan tol harus bersinergi dengan pemulihan ekonomi pasca covid-19. "Proyek nasional ini diharapkan bisa membantu secara signifikan recovery ekonomi," katanya.

Menurutnya, kuncinya di sinergi dan perencanaan. Pekerjaan apa saja yang bisa disinergikan, bagaimana pelibatan pengusaha dan tenaga kerja lokal, bagaimana exit toll dan setting ekonominya dan sebagainya.

"Semua itu harus direncanakan sejak awal agar memberikan dampak maksimal bagi recovery ekonomi DIY. Tanpa koordinasi kita khawatir warga DIY akan menonton saja proyek nasional berjalan dan bahkan hanya akan dapat akibat negatifnya seperti kebisingan, kemacetan dan sebagainya," ungkapnya.

Ia juga minta agar proyek ini dilaksanakan secara transparan sejak awal dan direncanakan secara baik, termasuk sisi keuangannya. Kontraktor kata dia, jangan sekedar mau menang sendiri.