Pembangunan Tol di DIY Diharapkan Menguntungkan Warga Sekitar

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
16 Juli 2020 11:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan tol Jogja – Solo terus berproses di tengah pandemi Covid-19. DPRD DIY mendesak pihak terkait agar proses pembangunan tol di DIY harus berorientasi menguntungkan masyarakat kecil terutama warga sekitar tol.

Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY Dwi Wahyu mengatakan keberadaan tol harus mendukung kegiatan ekonomi masyarakat sekitar. Sehingga perlu diarahkan aksesnya ke sejumlah sentra UMKM maupun sentra-sentra produksi. Sehingga exit tol harus menghubungkan ke pusat pertumbuhan ekonomi baik wisata maupun industri sekitar lokasi tol.

BACA JUGA : Warga Terdampak Tol DIY Bisa Ajukan Keberatan

“Salah satu keberpihakan tol dengan masyarakat adalah menyediakan tempat khusus untuk UMKM dengan biaya sewa lahan yang rendah. Sehingga kami sarankan ada komunikasi atau kerja sama antara Pemda DIY dengan BPJT soal sewa ini, bentuknya bisa subsidi untuk sewa,” kata Dwi dalam keterangan tertulisnya Kamis (16/7/2020).

Ia menambahkan keberadaan tol harus bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat tak terkecuali warga sekitar tol agar ekonominya bisa meningkat. Sehingga warga tidak sekedar menerima dampaknya saja namun harus diposisikan sebagai subjek pembangunan jalan tol tersebut.

BACA JUGA : Pemda DIY Siap Fasilitasi Warga Terdampak Proyek Tol

“ Keberadaan jalan tol jangan hanya untuk kepentingan peningkatan ekonomi atau menguntungkan para pengusaha besar saja tetapi harus bisa bermanfaat sebesar-besar untuk rakyat terutama warga sekitarnya,” ujarnya.