Advertisement

Pengisian Jabatan Kepala Desa Trirenggo Masih Dibahas

Ujang Hasanudin
Kamis, 16 Juli 2020 - 06:17 WIB
Sunartono
Pengisian Jabatan Kepala Desa Trirenggo Masih Dibahas Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Kabupaten Bantul belum memutuskan mekanisme pengisian jabatan Kepala Desa Trirenggo yang kosong. Pemkab masih menghitung kebutuhan anggaran pengisian jabatan kepala desa tersebut.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah (Setda) Bantul, Kurniantoro mengatakan rapat pembahasan penentuan pengisian jabatan Kepala Desa Trirenggo baru akan digelar pada pekan depan.

Menurut dia, terdapat dua opsi pemilihan Kepala Desa Trirenggo, yakni melalui Pergantian Antar Waktu (PAW) seperti Desa Selopamioro atau pemilihan kepala desa langsung serentak bersama desa lainnya. “Dua opsi itu memungkinkan semua untuk dilaksanakan salah satunya,” kata Kurniantoro, saat dihubungi Rabu (15/7/2020).

BACA JUGA : Pilkades Selopamioro Bantul Akan Dilakukan

Namun demikian, kedua opsi tersebut juga harus mempertimbangkan ketersediaan anggaran. Sumber anggaran dari dua opsi mekanisme pengisian jabatan kepala desa itu juga berbeda. Jika dilaksanakan melalui opsi PAW atau jalur musyawarah maka semua anggaran yang menyiapkan adalah desa yang diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Berbeda jika melalui pilkades langsung serentak yang sumber anggarannya dari Pemkab Bantul. Menurutnya jika dilakukan dengan pilkades langsung serentak maka bisa dilakukan pada 2022 mendatang dan tidak bisa diikutkan dalam pilkades serntak tahun ini kaena tidak ada anggarannya.

“Kalau PAW bisa dilakukan tahun ini tapi kami juga harus meihat kesiapan APBDesnya bagaimana,” kata dia.

BACA JUGA : Berjuang Ajak Warganya Melawan Corona, Seorang Kades

“Prinsipnya kami siap memfasilitasi apapun opsinya,” ujarnya lagi.

Sementara ini sebelum adanya kepala desa yang definitif, Desa Trirenggo akan dijabat oleh pejabat sementara yang ditunjuk langsung dari aparatur sipil negara (ASN) Kecamatan Bantul.

Advertisement

Sebagaimana diketahui, Kepala Desa Trirenggo Munawar meninggal dunia pada Selasa (14/7/2020) dini hari lalu di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul. Munawar merupakan kepala desa yang terpilih dalam pilkades serentak pada 2016 lalu. Ia sudah menjabat selama sekitar 3,5 tahun dan jabatannya masih tersisa sampai 2022 mendatang.

Kepala Dusun Bogoran, Desa Trirenggo, Istiyarno mengatakan belum ada pembahasan soal pengisian jabatan kepala desanya. Pihaknya menunggu ketentuan pengisian jabatan kepala desa tersebut dari Pemkab Bantul, “Biasanya nanti ada pengumuman dari Pemkab,” kata Istiyarno.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lulusan IPB Ogah Jadi Petani karena Penghasilan Kecil

News
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement