Advertisement

Gempa Vulkanik 2 Hari Beruntun di Merapi, BNPB Ingatkan Potensi Erupsi

Newswire
Kamis, 16 Juli 2020 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Gempa Vulkanik 2 Hari Beruntun di Merapi, BNPB Ingatkan Potensi Erupsi Gunung Merapi mengalami erupsi Minggu (21/6/2020) pagi. - Twitter @BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat yang berdomisili di sekitar Gunung Merapi untuk mewaspadai aktivitas gunung tersebut sebab ada potensi terjadinya erupsi.

“Diinformasikan dari PVMBG, ada dua hari berturut-turut terjadi gempa bumi vulkanik dangkal,” kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan saat konferensi video, Kamis (16/7/2020).

Advertisement

BACA JUGA: Rabu Petang, Warga Dukun Magelang Mendengar Gemuruh dari Merapi

Ia mengatakan aktivitas gempa bumi vulkanik dangkal tersebut merupakan salah satu indikator akan adanya erupsi Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan DIY itu.

Setelah mendapatkan informasi dari PVMBG pada 4 Juli, BNPB langsung mengirimkan surat ke Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur DIY agar mewaspadai hal tersebut.

BACA JUGA: Begini Skenario Pengungsian yang Diusulkan Saat Pandemi Apabila Kondisi Merapi Memburuk

“Tanggal 8 Juli Gubernur Jawa Tengah langsung turun ke lapangan untuk melihat dan mempersiapkan desa-desa yang ada di KRB III atau daerah yang paling dekat dengan puncak Merapi,” ujar dia.

Pemberitahuan dari BNPB kepada dua provinsi tersebut bertujuan untuk memastikan dan memperbaiki jalur evakuasi. Ia mengatakan masyarakat di dua daerah tersebut juga harus diberitahu apa saja yang mesti dilakukan kalau Gunung Merapi erupsi.

“DIY juga melakukan hal yang sama. Jadi kalau terjadi apa-apa mereka gampang turunnya dan setiap orang tahu apa yang akan dilakukannya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement