Gempa Vulkanik 2 Hari Beruntun di Merapi, BNPB Ingatkan Potensi Erupsi

Gunung Merapi mengalami erupsi Minggu (21/6/2020) pagi. - Twitter @BPPTKG
16 Juli 2020 15:27 WIB Newswire Sleman Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat yang berdomisili di sekitar Gunung Merapi untuk mewaspadai aktivitas gunung tersebut sebab ada potensi terjadinya erupsi.

“Diinformasikan dari PVMBG, ada dua hari berturut-turut terjadi gempa bumi vulkanik dangkal,” kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan saat konferensi video, Kamis (16/7/2020).

BACA JUGA: Rabu Petang, Warga Dukun Magelang Mendengar Gemuruh dari Merapi

Ia mengatakan aktivitas gempa bumi vulkanik dangkal tersebut merupakan salah satu indikator akan adanya erupsi Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan DIY itu.

Setelah mendapatkan informasi dari PVMBG pada 4 Juli, BNPB langsung mengirimkan surat ke Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur DIY agar mewaspadai hal tersebut.

BACA JUGA: Begini Skenario Pengungsian yang Diusulkan Saat Pandemi Apabila Kondisi Merapi Memburuk

“Tanggal 8 Juli Gubernur Jawa Tengah langsung turun ke lapangan untuk melihat dan mempersiapkan desa-desa yang ada di KRB III atau daerah yang paling dekat dengan puncak Merapi,” ujar dia.

Pemberitahuan dari BNPB kepada dua provinsi tersebut bertujuan untuk memastikan dan memperbaiki jalur evakuasi. Ia mengatakan masyarakat di dua daerah tersebut juga harus diberitahu apa saja yang mesti dilakukan kalau Gunung Merapi erupsi.

“DIY juga melakukan hal yang sama. Jadi kalau terjadi apa-apa mereka gampang turunnya dan setiap orang tahu apa yang akan dilakukannya,” kata dia.

Sumber : Antara