Advertisement

Syukurlah! Ratusan Nakes dan Sukarelawan di Kulonprogo Negatif Corona Setelah Tes Swab

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 21 Juli 2020 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
Syukurlah! Ratusan Nakes dan Sukarelawan di Kulonprogo Negatif Corona Setelah Tes Swab Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo terus melakukan test swab terhadap tenaga kesehatan (nakes) dan sukarelawan yang rawan terpapar Covid-19. Terbaru, ada 1.520 petugas yang mengikuti test tersebut. Dari hasil itu, sebanyak 529 petugas dinyatakan negatif dan sisanya masih menunggu hasil.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayu Jati mengatakan 1.520 petugas itu terdiri dari 1.198 nakes di 21 Puskesmas, 257 orang dari dua RSUD yakni RSUD Wates dan Nyi Ageng Serang, Sentolo; 12 petugas public safety center serta 53 orang dari tim disinfeksi dan pemakaman. Ribuan petugas itu telah mengikuti test swab massal pada pekan kemarin.

Advertisement

"Dari jumlah itu, yang sudah keluar hasilnya ada 529 dinyatakan negati dan sisanya masih menunggu hasil laboratorium," kata Baning kepada awak media, Selasa (21/7/2020).

Test swab massal ini merupakan rangkaian yang sudah berlangsung sejak 8 Juli 2020. Tujuan utama penyelengaraan test swab ini adalah untuk mengetahui kondisi tenaga kesehatan yang ada di Kulonprogo. Jika ada yang terinfeksi corona, bisa segera ditangani oleh gugus tugas.

Sebelumnya sebanyak 280 nakes dari 14 puskesmas di Kulonprogo sudah mengikuti test ini. Adapun hasil test menunjukkan seluruh nakes itu negatif Covid-19.

Gugus Tugas setempat masih akan melanjutkan test swab massal ini sampai Agustus mendatang. Ditrgetkan, jumlah nakes yang mengikuti test sebanyak 1.600 orang. Selain nakes, pemeriksaan juga menyasar komunitas dan kalangan yang dianggap cukup berisiko terpapar virus corona, salah satunya wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement