Advertisement

Sudah Tiga Puskesmas di Bantul yang Ditutup Pekan Ini karena Nakes Terinfeksi Corona

Newswire
Kamis, 23 Juli 2020 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Sudah Tiga Puskesmas di Bantul yang Ditutup Pekan Ini karena Nakes Terinfeksi Corona Ilustrasi/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, dalam sepekan terakhir menutup tiga pusat kesehatan masyarakat di daerah itu karena petugas kesehatan terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona jenis baru atau COVID-19.

"Jadi sejak kemarin memang berturut turut kita menutup puskesmas, dalam minggu ini di Puskesmas Sedayu Satu, Puskesmas Sewon Dua dan Puskesmas Bantul Dua mulai hari ini ditutup," Kepala Dinas Kesehatan (Dunkes) Bantul Agus Budi Raharja di Bantul, Kamis (23/7/2020).

Advertisement

Menurut dia, pelayanan kesehatan kepada masyarakat di tiga fasilitas kesehatan tingkat pertama ditutup untuk keperluan disinfeksi lingkungan puskesmas maupun keperluan melakukan pelacakan dan penelusuran riwayat dari tenaga kesehatan yang positif COVID-19.

Dia mengatakan, tiap puskesmas rata-rata ditutup selama tiga hari. Untuk Puskesmas Sedayu dan Sewon pada hari ini (23/7/2020) merupakan hari terakhir penutupan, sementara Puskesmas Bantul Dua penutupan dilaksanakan mulai hari ini sampai tiga hari ke depan.

"Jadi kalau ada yang petugas positif kami harus lebih masif lagi melakukan disifeksi dan tracing, makanya kami membuat kebijakan izin bupati dan sekda untuk melakukan penutupan sementara, rata-rata penutupan sementara kami lakukan dua sampai tiga hari," katanya.

"Dan hari ini laporan yang masuk pagi tadi karena di (Puskesmas) Bantul Dua ada petugas yang terkonfirmasi positif saya izinkan sekaligus izin pak sekda (sekretaris daerah), kami tutup sementara sampai tiga hari ke depan, untuk kami lakukan disinfeksi," katanya.

Dia mengatakan, bagi masyarakat sekitar puskesmas yang membutuhkan pelayanan kesehatan, bisa mendatangi puskesmas terdekat yang membuka pelayanan, seperti di Puskesmas Bantul Satu bagi masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Bantul.

"Sementara pelayanan kami alihkan di puskesmas yang terdekat, karena rata-rata setiap kecamatan di Bantul punya dua puskesmas," kata Agus.

Dia mengatakan, total tenaga kesehatan di Bantul yang konfirmasi positif COVID-19 hingga saat ini berjumlah 17 orang, didominasi tenaga kesehatan di pelayanan tingkat pertama, yaitu puskesmas yang berjumlah 14 orang dan di rumah sakit pemberi pelayanan COVID-19 ada tiga orang.

Sementara kasus positif COVID-19 secara keseluruhan di Bantul berjumlah 153 orang dengan pasien yang masih dirawat di rumah sakit karena masih konfirmasi positif 58 orang, karena pasien positif yang sudah sembuh 91 orang dan meninggal dunia empat orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement