Dinkes Sleman Klaim Hanya Satu Nakes yang Terpapar Covid-19

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
24 Juli 2020 19:37 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman mencatat hanya satu kasus tenaga medis (Nakes) hasil screening yang terpapar Covid-19. Meskipun begitu, diakui jika ada nakes dari Bantul yang berstatus warga Sleman juga terjangkit Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan dari 25 Puskemas dan dua rumah sakit RSUD di Sleman berdasarkam screening yang dilakukan Dinkes Hanya ada satu nakes yang positif Covid-19. Nakes tersebut bekerja di salah satu Puskesmas di wilayah Sleman tetapi ber KTP Kota Jogja. Nakes, tersebut adalah kasus 317 berjenis kelamin perempuan.

Joko mengatakan jika nakes ini tidak terpapar Covid-19 di tempatnya bekerja. Kasus 317 ini memiliki riwayatnya menunggui ibunya yang dirawat di ICU salah satu RS. "Dari hasil tracking kemungkinan terbesar nakes (Kasus 317) ini tidak tertular di tempat kerja. Hasil tracing teman-teman kerjanya juga sudah dilakukan tes PCR, semua negatif," kata Joko, Jumat (24/7/2020).

Buntut Wawali Kota Solo Positif Corona, Jokowi Segera Tes Swab

Nakes lainnya, lanjut Joko, adalah kasus 319 laki-laki berusia 27 tahun yang sejak 2 Juli lalu dinyatakan positif Covid-19. Kasus 319 ini berkerja sebagai nakes di Puskesmas BT1 Bantul namun selama ini tinggal di Sleman.

Sama halnya dengan kasus 319, Kasus 344 juga berstatus nakes rekan kerja kasus 319 yang juga tinggal di Sleman. Pasien ini masuk adalah kasus 334 dan diumumkan oleh Satgas Covid-19 DIY pada 6 Juli. "Meskipun sama-sama nakes di Puskesmas tetapi kedua kasus tersebut berdiri sendiri, tidak ada hubungannya," terang Joko.