Advertisement

Koalisi Suharsono Kian Gemuk, Halim Percaya Diri dengan 2 Partai

Ujang Hasanudin
Minggu, 26 Juli 2020 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Koalisi Suharsono Kian Gemuk, Halim Percaya Diri dengan 2 Partai Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebulan menjelang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Bantul merapatkan barisan. Suharsono dan Abdul Halim Muslih masing-masing percaya diri meraih kemenangan.

Halim yang berpasangan dengan Joko Purnomo mengaku dukungan dua partai yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah lebih dari cukup. Dia tidak hanya berpatokan pada perolehan kursi di DPRD, namun jaringan dari dua partai tersebut yang kian solid.

Advertisement

“Kami meyakini dukungan ke saya besar.  Partai PDIP dan PKB cukup solid, punya jaringan ke bawah dan struktur lengkap.  Soliditas PKB dan PDIP dapat berkembang ke kelompok lain.  Karena Sampai sekarang banyak reawan dan komunitas yang terus mendeklarasikan diri,” kata Halim, Minggu (26/7/2020).

Halim mengatakan suara legislatif biasanya tidak berbanding lurus dengan pilkada. Ia mencontohkan saat dirinya maju bersama Suharsono dalam pilkada 2015 lalu, dukungan legislatif hanya 14 suara, tetapi dia tetap menang. “Kami sedikitpun tidak khawatir menutup kemenangan kami,” ucap Halim.

Namun demikian ia juga belum menutup pintu koalisi bagi partai lain yang berlum menentukan sikap untuk bergabung. Halim mengklaim salah satu partai yang belum menentukan sikap dan intens komunikasi dengan dirinya adalah partai Amanat Nasional (PAN).

Di sisi lain bakal calon bupati Suharsono juga terus melakukan konsolidasi internal partai sebelum mendeklarasikan diri bersama Totok Sudarto pada Agustus mendatang. Suharsono mengklaim dukungan partai terus bertambah dari Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem, Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).  Partai-prtai ini total punya 20 kursi di DPRD Bantul.

Ia mengklaim masih ada tambahan partai yang akan mendukungnya, yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Demokrat, “PBB sudah [mendukung saya], tinggal pekan depan Demokrat,” klaim Suharsono.

 Pihaknya juga masih terus menjalin komunikasi dengan PAN. Suharsono menyatakan hampir sebagian besar partai di Bantul telah mendukungnya.

Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwinto mengatakan rekomendasi semua partai pengusung sudah tidak ada masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement