Advertisement

Wisma Nakes Covid-19 DIY di Baciro Sudah Kosong

Catur Dwi Janati
Senin, 27 Juli 2020 - 06:47 WIB
Nina Atmasari
Wisma Nakes Covid-19 DIY di Baciro Sudah Kosong Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Sumber Daya Manusia, Kemendagri yang terletak di Baciro, Gondokusuman sebelumnya digunakan sebagai wisma singgah bagi para tenaga kesehatan (nakes). Beberapa nakes yang memiliki penolakan lingkungan di masyarakat sempat terpaksa menginap di gedung ini.

Sudah kurang lebih tiga bulan dioperasikan wisma bagi nakes tersebut akhirnya sudah kosong. Pernyataan penutupan wisata tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih. "Wisma nakes sejak 15 Juli 2020 sudah tidak ada yang tinggal," jelasnya dihubungi pada Minggu (26/7/2020).

Advertisement

Baca juga: Jumlah Tenaga Kesehatan di Gunungkidul yang Terinfeksi Corona Makin Banyak

Berty menerangkan kosongnya wisma disebabkan para nakes yang sudah pulang kembali ke tengah tinggal masing-masing. Selama beroperasi, wisma dengan kapasitas 141 orang tersebut sempat dihuni 11 nakes. "Sembilan dari RSUD Kota Jogja, satu dari Panti Rahayu, dan satu dari RS Harjolukito," terang Berty.

Diterangkan Berty, para nakes yang tinggal di wisma kebanyakan karena tidak diterima di lingkungan. Meski sudah kosong saat ini, Berty mengatakan bahwa bila ada nakes yang menangani pasien Covid-19 hendak tinggal di wisma tersebut, maka masih diperbolehkan.

Baca juga: Didera Pandemi, Sebisa Mungkin Pengusaha Batik Ini Pertahankan Perajinnya

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Tri Mardoyo menyampaikan bahwa tidak semua nakes yang tinggal di wisma dikarenakan penolakan dari lingkungan. Menurutnya beberapa nakes dengan suka rela tinggal di wisma tersebut untuk mengurangi risiko penularan di keluarganya.

Tri berharap pemgoperasian wisma nakes dapat terus diperpanjang untuk menampung dan memfasilitasi nakes yang perlu semacam isolasi khusus saat menangani Covid-19. "Untuk menjaga diri agar jangan sampai kena keluarganya," Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement