Suparmono Resmi Memimpin STIM YKPN Periode 2020-2024

Acara pelantikan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN (STIM YKPN)/Ist
02 Agustus 2020 17:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN (STIM YKPN) resmi melantik Dr. Suparmono, M.Si untuk menduduki kursi kepemimpinan periode 2020-2024.

Pelantikan dilaksanakan pada 1 Agustus 2020 bertempat di Gedung YKPN, Jl. Gagak Rimang No. 2-4 Yogyakarta. Acara dihadiri oleh Senat dan Pengurus Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (YKPN). Dalam sambutannya, ketua senat/pengurus yayasan YKPN menyampaikan Prof.Dr. Djoko Susanto, M.S.A., Ak., C.A. menyampaikan rasa terima kasih kepada senat STIM YKPN yang telah bisa melaksanakan pemilihan Ketua STIM YKPN secara tepat waktu.

"Semoga Kepengurusan STIM YKPN periode 2020-2024 dapat menyelesaikan tugas empat tahun yang akan dating dengan lebih baik," kata Djoko Susanto.

Dikatakannya, pada masa pandemi Covid ini pasti mempengaruhi kondisi baik perguruan tinggi, pemerintahan maupun perusahaan baik sektor pemerintah maupun swasta, khusus perguruan tinggi pembelajaran dilakukan dengan cara daring.

Ketua YKPN Suparmono menyampaikan bahwa kesiapan perguruan tinggi dalam pembelajaran secara daring tidak semua siap, saat ini masing-masing masih mencari cara atau metode bagaimana pembelajaran yang paling sesuai untuk mahasiswa secara daring.

"Pertanyaan pertama sampai kapan tanggap darurat ini? Utamanya di DIY, sampai saat ini tanggap darurat di DIY diperpanjang sampai 31 Agustus 2020. Kita berharap bahwa vaksin covid ini sampai dengan Januari 2021, namun secara ekonomi apakah keadaan ini akan sampai dengan Januari 2021, tentunya akan lebih panjang, dan ini akan mempengaruhi jumlah mahasiswa yang akan masuk di perguruan tinggi," kata Suparmono.

Untuk itu diharapkan pengurus baru STIM YKPN dapat memikirkan cara untuk menghadapi kondisi penerimaan mahasiswa baru dalam kondisi pandemi Covid ini.

"Semoga masa pandemi cepat berakhir dan masalah ekonomi cepat pulih kembali karena yang mengalami resesi tidak hanya Indonesia tapi seluruh dunia," kata dia.

Ketua YKPN mengharapkan Pengurus STIM YKPN periode 2020-2024 tetap optimis, bersemangat dan dapat mengatasi semua masalah dan tentunya mendasarkan diri pada ketaqwaan terhadap Tuhan YME, maju Terus STIM YKPN dengan mempertahankan apa yang sudah diraih dan meningkatkan pencapaian di masa yang akan datang

Pemilihan ketua STIM YKPN dilaksanakan setelah masa kepengurusan Ketua dan Wakil Ketua STIM YKPN terdahulu berakhir pada Juli 2020. Beberapa tahapan seleksi pemilihan ketua sudah dilakukan sejak awal Juni 2020. Adapun tahapan seleksi antara lain pemilihan oleh dosen tetap STIM YKPN, dilanjutkan pemaparan visi misi calon ketua dan tes wawancara oleh Senat.

Sebagai hasil akhir, terpilih lah Dr. Suparmono, M.Si yang dipercaya untuk memimpin jalannya institusi pendidikan yang sudah berdiri sejak 1976 ini.

Dr. Suparmono, M,Si., dalam sambutannya menyampaikan beberapa program kerja yang akan dilakukan selama masa jabatannya, antara lain: program peningkatan mahasiswa baru, daya saing lulusan, akreditasi institusi dan program studi S1, fasilitas publikasi ilmiah bereputasi bagi dosen, serta peningkatan kesejahteraan dan kompetensi pegawai. Ke depan, STIM YKPN juga merancang pembukaan program studi baru bagi S1 dan Magister.

Dalam hal mengelola organisasi, Dr. Suparmono tidak diragukan lagi, mengingat banyaknya organisasi yang beliau ikuti antara lain pengurus ADRI dan ISEI Yogyakarta. Beliau juga merupakan koordinator wilayah Ikatan Dosen Pasar Modal Indonesia (IDPMI) DIY-Jawa Tengah. Selain aktif berorganisasi, beliau juga sering menulis opini di koran lokal maupun nasional, sesuai dengan bidang keahliannya, Ekonomi. Keahlian menulis juga ditunjukkan dengan terpilihnya beliau sebagai 20 penulis binaan Bank Indonesia. Dengan adanya ketua baru, Dr. Suparmono, M.Si., diharapkan mampu membawa angin segar bagi STIM YKPN Yogyakarta ke depannya.

Pada kepengurusan STIM YKPN periode 2020 – 2024 Ketua STIM YKPN Dr. Suparmono, M. Si. Dibantu oleh Dra. Retno Hartati, M.B.A sebagai Wakil Ketua Satu Bidang Akademik, Dr. Anna Partina, M. Si. Sebagai Wakil Ketua Dua Bidang SDM dan Keuangan dan Drs. Eka Sudarusman, M.M. sebagai Wakil Ketua Tiga Bidang Kemahasiswaan, Beasiswa dan Job Placement Center.