Advertisement

Diterjang Gelombang Pasang, Warung dan Kolam di Pantai Trisik Rusak

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Diterjang Gelombang Pasang, Warung dan Kolam di Pantai Trisik Rusak Warung yang rusak diterjang ombak di Pantai Trisik, Galur, Selasa (4/8/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Warung dan kolam renang di Pantai Trisik, Kapanewon Galur, rusak setelah diterjang gelombang pasang, pada Selasa (4/8/2020).

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Selasa pagi.

Advertisement

"Ombak besar tiba-tiba datang dan merobohkan sebuah bangunan warung permanen. Kolam renang milik warga yang dekat dengan bibir pantai juga ikut kena dan rusak," ujar Aris.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. Tim SAR bersama jajaran Polsek Galur telah memasang garis polisi untuk mencegah warga mendekat ke lokasi

Terjangan ombak ini tak hanya merusak bangunan, tapi juga memperparah abrasi di pantai tersebut. Sementara lokasi abrasi itu cukup dekat dengan tempat penangkaran penyu milik Konservasi Penyu Abadi Pantai Trisik.

"Lokasinya tepat di selatan penangkaran penyu, dan kalau dibiarkan terus bisa mengancam tempat tersebut," ujar salah satu anggota SRI Wilayah V Kulonprogo Hendratmoko.

Dia mengatakan jarak antara bibir pantai yang mengalami abrasi dengan lokasi penangkaran kurang dari 50 meter. Abrasi diprediksi bakal kian parah mengingat sejak beberapa hari terakhir sepanjang pesisir Kulonprogo dilanda gelombang pasang berketinggian dua hingga tiga meter.

“Untuk sementara lokasi abrasi kami pasangi garis polisi agar tidak ada masyarakat yang mendekat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement