Beli Produk UMKM Kalasan Kini Bisa Lewat Online di Warungkalasan.com, Ada 87 Produk yang Dijual

Bupati Sleman Sri Purnomo saat meninjau stan produk UMKM usai peluncuran warungkalasan.com di Pendopo Kantor Kecamatan Kalasan, Rabu (5/8/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
06 Agustus 2020 05:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN– Warung Kalasan yang merupakan warung berbasis online diresmikan di Pendopo Kantor Kecamatan Kalasan, Rabu (5/8/2020). Warung online ini disediakan untuk mengangkat semua potensi di kecamatan ini.

Ketua Forkom UMKM Kalasan, Marsono Budi Raharjo mengatakan peluncuran warung kalasan yang merupakan sarana promosi berbasis online. Semua produk UMKM dipasarkan melalui website www.warungkalasan.com. "Ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan solusi bagi kondisi UMKM di tengah pandemi Covid-19," katanya di sela kegiatan.

Baca juga: Pemkab Bantul-BPD DIY Siap Bangun Wisata Agro di Nawungan

Dijelaskan Marsono, sejak pandemi Covid-19 merebak Maret lalu, seluruh aspek ekonomi terutama UMKM terpuruk. Roda perekonomian sempat tersendat. Untuk menggerakkan kembali potensk ekonomi di Kalasan, Forkom UMKM memberikan solusi dengan penjulaan online. "Ini agar UMKM tetap berjalan dengan baik dan kami mencoba meluncurkan warung kalasan secara online," katanya.

Menurutnya, warungkalasan.com ini juga menjadi sarana dalam mengenalkan dan memasarkan produk UMKM di wilayah Kalasan sehingga pendapatan masyarakat akan mengalami peningkatan. Mulai dari Desa Tamanmartani, Selomartani, Purwomartani dan Tirtomartani. "Produk yang dijual beragam baik makanan, minuman, mebel, mode hingga jasa," katanya.

Baca juga:  Rektor UNY Sutrisna Wibawa Khawatirkan Keselamatan Anak Mencari Sinyal

Seluruh produk dan anggota UMKM yang masuk dalam pemasaran warungkalasan.com in, katanya, telah dilakukan kurasi dengan tolak ukur kelengkapan administrasi seperti surat izin usaha mikro kecil dan BPOM. "Hingga kini jumlah UMKM yang masuk dalam pemasaran warung online ini baru 81 UMKM dengan 87 produk. Dan jumlahnya akan terus bertambah," katanya.

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo mengapresiasi peluncuran warung kalasan berbasis online. Sri menilai adanya warungkalasan.com tersebut sebagai upaya nyata dalam mendukung pengembangan ekonomi mikro di wilayah Kalasan.

"Keberadaan warung online yang notabene berisi produk UMKM diharapakan dapat mendukung dan mempercepat bangkit serta berkembangnya UMKM Kalasan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 dan utama di tengah kemajuan jaman dan perkembangan teknologi," katanya.

Menurut Sri, upaya memberdayakan UMKM menjadi rantai ekonomi masyarakat merupakan upaya yang sangat mendesak dan vital untuk dilakukan. Pasalnya, pandemi Covid-19 saat ini memberikan dampak yang signifikan terhadap usaha kecil milik masyarakat.

"Saya berharap agar keberadaan warungkalasan.com ini mampu memberikan manfaat yang positif dan maksimal bagi pengembangan UMKM dan masyarakat, khususnya di Kalasan," harapnya.