Advertisement

Sultan Tak Ingin Objek Wisata di Jogja Asal Siap Buka

Newswire
Jum'at, 07 Agustus 2020 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
Sultan Tak Ingin Objek Wisata di Jogja Asal Siap Buka Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta pembukaan destinasi wisata maupun perhotelan di DIY didasari kesiapan yang matang untuk mencegah penularan Covid-19.

"Jangan asal siap. Tetapi harus siap betul," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Jogja, Kamis (6/8).

Advertisement

Kendati hingga saat ini belum ditemukan kasus penularan Covid-19 di objek wisata, ia belum menginginkan uji coba pembukaan destinasi wisata secara terbatas diperluas. "Nanti dulu, perlu waktu karena Covid-19 punya masa inkubasi satu pekan. Kalau belum satu pekan, di-swab ya [hasilnya] tidak apa-apa," kata dia.

BACA JUGA: Jokowi Sebut Indonesia Kelebihan Bandar Udara Internasional

Dinas Pariwisata DIY memutuskan melakukan uji coba operasional terbatas di 30 destinasi wisata selama masa tanggap darurat Covid-19. Tujuannya, untuk memastikan protokol dan prosedur operasional standar (SOP) berjalan dengan baik.

Menurut Sultan, apabila kesiapan belum matang dan kemudian terjadi penularan Covid-19 di destinasi wisata atau hotel, pemda terpaksa menutup kembali operasional objek wisata.

"Seperti di hotel begitu ada yang kena kan otomatis saya tutup. Paling sedikit tiga hari untuk disinfektan dan sebagainya mereka kan rugi, jadi mau tidak mau harus disiplin," kata dia.

BACA JUGA: Ini Wilayah Paling Terdampak Tol Solo-Jogja

Oleh sebab itu, ia telah meminta asosiasi yang menaungi perhotelan maupun destinasi wisata untuk menyusun aturan secara spesifik sesuai kesepakatan anggota. "Makanya seperti PHRI [Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia] saya suruh atur sendiri. Saya kan hanya [mengatur] protokol kesehatan," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengatakan upaya kehati-hatian dalam menerima wisatawan harus tetap dilakukan mengingat kasus Covid-19 di DIY belum menunjukkan tren penurunan.

Salah satu bentuk kehati-hatian itu ditunjukkan dengan meminta pengelola perhotelan menanyakan surat keterangan sehat seluruh tamu atau wisatawan dari luar daerah yang menginap di DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement