Polresta Jogja Ikut Pantau Kepatuhan Warga terhadap Protokol Kesehatan

Ilustrasi. - Freepik
08 Agustus 2020 03:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Polresta Jogja angkat suara terkait dengan Instruksi Presiden Joko Widodo No. 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kapolresta Jogja Kombes Pol Sudjarwoko mengatakan jika Polresta Jogja tentunya akan menindaklanjuti perintah dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Baca juga: Menteri Nadiem Izinkan Siswa SMK Belajar Tatap Muka untuk Praktik

"Langkah-langkah yg diambil diantaranya ya sudah sering kami lakukan seperti memasang slogan-slogan imbauan di beberapa tempat dalam bentuk baliho spanduk dan lainnya," ujar Sudjarwoko kepada Harianjogja.com, Jumat (7/8/2020).

Termasuk, lanjut Sudjarwoko, jajarannya juga nanti akan melakukan kerjasama dengan sejumlah radio yang ada di wilayah kota Jogja untuk bisa memberikan imbauan kepada masyarakat secara lebih luas.

"Lakukan kerjasama dengan radio-radio di Jogja untuk bisa memberikan imbauan melalui iklan ataupun dialog interaktif, saya sudah memerintahkan fungsi Binmas dan Sabhara untuk melakukan hal tersebut," jelas Sudjarwoko.

Baca juga: Jokowi Arahkan Sekolah di Zona Kuning Dibuka, Ini Langkah Pemda DIY

Selain itu, imbauan terhadap masyarakat yang berada di tempat-tempat keramaian agar mematuhi protokol Covid-19 juga terus dilakukan oleh jajarannya.

"Salah satunya adalah dengan mendorong agar masyarakat menggunakan masker dan mencuci tangan, tidak berkerumun atau bergerombol, hampir setiap malam kami lakukan itu jika rekan-rekan perhatikan di jalan malioboro, petugas kami melakukan imbauan, ada yang berjalan kaki dan membawa pengeras suara, termasuk dengan mobil public adress," terang Sudjarwoko.

Berdasarkan pantauan di lapangan, lanjutnya, untuk warga Jogja pada umumnya sudah mematuhi imbauan protokol pencegahan penularan Covid-19.

"Namun, imbauan perlu dilakukan secara terus menerus agar masyarakat tidak lupa menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19, secara umum kesadaran masyarakat Jogja sudah cukup tinggi," tutupnya.