Riwayat Penularan Tak Jelas, Warga Kulonprogo Meninggal karena Corona

Ilustrasi mayat - Ist/Okezone
09 Agustus 2020 18:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Kasus Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo kembali bertambah sebanyak tiga orang. Satu di antara mereka dinyatakan meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan tiga kasus baru itu meliputi KP-42, laki-laki, 50, asal Kapanewon Nanggulan; KP-43, perempuan, 28, asal Kapanewon Galur dan KP-44, laki-laki, 51, asal Kapanewon Sentolo.

KP-42, berstatus orang tanpa gejala dan kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Nyi Ageng Serang, Sentolo. Pasien ini diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Sementara, KP-43, kata Baning merupakan kontak erat dari KP-40, perempuan, 66, asal Galur. KP-43 lanjutnya memiliki gejala ringan seperti sesak napas dan batuk. Kini pasien tersebut diisolasi di RSUD Wates.

BACA JUGA: Pemda Persilakan Kampus di Jogja Buka Perkuliahan Tatap Muka Pada September

Adapun untuk KP-44, dinyatakan meninggal dunia, pada Sabtu (8/8/2020) sore saat menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah, Yogyakarta. Pasien ini menunjukkan gejala berat dengan hasil positif Covid-19. "Riwayat kontak masih dalam penelusuran," ujar Baning, kepada awak media Minggu (9/8/2020).

Baning juga menyampaikan kematian satu pasien dalam pengawasan (PDP), yakni seorang perempuan, 45, asal Kapanewon Sentolo. Pasien ini menunjukkan gejala berat dan meninggal pada Minggu pagi di RSUP dr Sardjito. Riwayat kontak PDP ini masih dalam penelusuran.

"Sudah dilakukan pengambilan tes swab post mortem terhadap pasien tersebut tapi kami menunggu hasilnya," ucapnya.

Dua pasien yang meninggal itu telah dimakamkan dengan protokol pemakaman covid oleh tim pemakaman yang bekerjasama dengan BPBD DIY dan Kulonprogo.

Baning mengatakan terhadap semua kontak erat kasus positif baik yang hidup maupun telah meninggal sudah dilakukan tracing, karantina dan desinfeksi lingkungan. Swab terhadap kontak erat sudah mulai dilakukan Minggu pagi ini dan akan dilanjutkan Senin (10/8).

Dengan penambahan tiga kasus baru ini maka total penderita Covid-19 di Kulonprogo saat ini mencapai 44 orang dengan rincian 17 masih dalam perawatan, 26 sembuh dan satu meninggal dunia. Sedangkam total PDP sebanyak 119 orang, dengan rincian satu dirawat, 62 pulang, 12 meninggal dunia, dan 44 positif.