Advertisement

Duit BLT Rp600.000 untuk Buruh di DIY Cair September

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 10 Agustus 2020 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Duit BLT Rp600.000 untuk Buruh di DIY Cair September Foto ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Rahmatullah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebagai upaya peningkatan daya beli masyarakat untuk pemulihan ekonomi, Komite Penanganan Covid-19 nasional akan memberi subsidi gaji atau bantuan langsung tunai (BLT) kepada pekerja formal non aparatur sipil negara (ASN) dengan gaji di bawah Rp5 juta sebesar Rp600.000. Penyaluran subsidi gaji ini diperkirakan September mendatang.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan DIY, Aryanto Wibowo, menjelaskan untuk pendataan siapa saja pekerja yang mendapat program ini berada di Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. “Tidak semua dapat, tapi pekerja yang terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Kesehatan dan disampaikan perusahaan masing,” ujarnya, Senin (10/8/2020).

Advertisement

Ia menuturkan di DIY ada sebanyak 4.619 perusahaan swasta yang telah melakukan wajib lapor. Meski demikian ia tidak bisa menyampaikan berapa total pekerja di DIY karena jumlah perusahaan wajib lapor tersebut belum menggambarkan jumlah keseluruhan. “Di wajib lapor belum semua perusahaan menyampaikan,” katanya.

BACA JUGA: Pesan Kerabat Korban Tenggelam di Gua Cemara

Perusahaan yang telah wajib lapor akan dilakukan pemeriksaan lapangan oleh tim pengawas, untuk melihat apakah perusahaan tersebut benar telah mendaftarkan pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan. Ia menegaskan kepesertaan pekerja dalam BPJS Ketenagakerjaan merupakan kewajiban perusahaan. Jika pekerja belum terdaftar, bisa mengadu ke Disnaker DIY.

Saat ini kata dia, data dari BPJS Ketenagakerjaan terkait jumlah pekerja yang mendapatkan program subsidi hgaji ini belum keluar. “Range waktu pendataan selama Agustus, jadi penyaluran logikanya September,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangan dalam surat dari BPJS Ketenagakerjaan yang ditujukan ke pimpinan perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan, program subsidi gaji ditargetkan dilaksanakan pada Agustus dan dibutuhkan informasi nomor rekening peserta yang diharapkan telah terkumpul satu minggu setelah pengiriman surat tersebut, yakni Jumat (14/8/2020) mendatang.

Data tersebut dapat disampaikan melalui petugas Account Representative atau pembina masing-masing perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement