Eazy Passport Mudahkan Pengurusan Paspor Kolektif

Seorang pemohon tengah mengurus penggantian paspor lama melalui layanan Eazy Passport oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta yang berkerjasama dengan Bank Mandiri Syariah Cabang Ambarukmo, Kamis (13/8).Harian Jogja - Lajeng Padmaratri
13 Agustus 2020 17:47 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Di tengah pandemi Covid-19, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta membuat inovasi pembuatan paspor kolektif bernama Eazy Passport. Layanan ini dibuat dalam rangka memudahkan masyarakat membuat paspor tanpa perlu datang ke kantor imigrasi.

Pada Kamis (13/8/2020), layanan Eazy Passport diluncurkan bekerjasama dengan Bank Mandiri Syariah Cabang Ambarukmo yang berlokasi di Jalan Laksda Adisutjipto, Desa Caturtunggal, Depok, Sleman. Layanan ini dimaksudkan untuk menyasar kalangan pegawai Bank Mandiri Syariah Cabang Ambarukmo yang ingin mengurus layanan pembuatan paspor.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DIY, Yayan Indriana menjelaskan kegiatan ini merupakan inovasi dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta yang bekerjasama dengan Bank Mandiri Syariah Cabang Ambarukmo untuk memberikan layanan jemput bola.

"Layanan jemput bola ini memungkinkan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta untuk bekerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, maupun komunitas lain untuk bisa membuat paspor secara kolektif. Kegiatan ini juga jadi rangkaian dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75," jelas Yayan pada Kamis.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Andry Indrady menambahkan saat ini pelayanan Eazy Passport ini tengah menyasar sektor perbankan yaitu Bank Mandiri Syariah Cabang Ambarrukmo. Ia tidak menutup kemungkinan bagi komunitas lain untuk mengajukan permohonan serupa.

"Kegiatan ini untuk menjangkau masyarakat supaya nyaman membuat pasport di luar kantor imigrasi. Ini juga upaya kami untuk kurangi kontak fisik di kantor imigrasi berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan," ungkapnya.

Kegiatan layanan Eazy Passport ini bisa diakses selama hari kerja. Melalui program ini, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta melayani pembuatan paspor baru dan penggantian paspor lama, namun tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak.

Seperti layanan di kantor imigrasi pada umumnya, proses penyelesaian paspor berlangsung selama empat hari kerja setelah pemohon melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai dengan jenis paspor yang dipilih. Namun, pemohon juga dapat diberikan layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama dengan syarat pembayaran PNBP dilakukan sebelum pukul 13.00 WIB.

Dalam kesempatan ini, Area Manager Bank Mandiri Syariah Cabang Ambarukmo, Nugroho Agung Dewanto mengapresiasi inovasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta ini. Ia berharap kolaborasi ini bisa terus terjalin.

"Kami harap bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan pembuatan paspor di sini. Kami juga persilakan untuk jadi kantor kedua. Semoga untuk masyarakat bisa lebih mudah aksesnya," kata dia.

Pada hari Kamis ini, sebanyak 27 pegawai Bank Mandiri Syariah Cabang Ambarukmo mendaftarkan diri untuk layanan ini. Selain itu, masih ada sekitar 300 pegawai bank tersebut yang berasal dari seluruh area di Yogyakarta yang juga akan ikut serta dalam layanan ini.

"Untuk layanan Eazy Passport ini pembayarannya bisa melalui Mandiri Syariah Mobile atau MSM. Transfer lewat mobile. Jadi gampang perpanjangan paspornya dan mudah pembayarannya," pungkas Agung.