Covid-19 di Jogja Dinilai Telah Masuki Fase Transmisi Komunitas

Ilustrasi. - Freepik
23 Agustus 2020 20:57 WIB Bhekti Suryani Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--DIY dinilai telah memasuki tahap keempat penyebaran Covid-19 atau disebut fase community transmission.

Community transmission adalah kondisi Covid-19 yang sudah menyebar ke mana-mana dan sudah tidak bisa lagi dilacak dari mana sumber penularannya. Kondisi tersebut ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo.

Tanda-tanda community transmission menurutnya mulai terlihat setelah Juni. Adapun sebelum periode Juni, kasus Covid-19 masih bisa ditelusuri sumber penularannya dan bisa dipetakan klasternya. Tahapnya kata dia masih sebatas transmisi lokal.

"Pengertiannya klaster itu teridentifikasi. Setelah Juni apalagi Juli mau dikatakan klaster sudah sulit. Itu sudah community transmition. Community transmission itu kita datang ke suatu tempat enggak tahu siapa yang positif kita tahu-tahu sudah positif. Sudah terjadi penularan di masyarakat," kata Joko, pekan lalu.

Apalagi kata dia, setelah Juni aktivitas di masyarakat sudah kembali seperti sebelum pandemi. Pelaku perjalanan antardaerah juga semakin banyak.

"kita sudah tingkat keempat namanya community transmission atau transmisi di masyarakat. Kondisinya sudah seperti flu biasa. Kalau flu kan kita enggak tahu ketularan dari mana. Saat ini sebenarnya kita sudah menuju ke sana. Kita bisa terkena Covid-19 tapi kita sudah tidak tahu dari mana ketularannya," tegas dia.