Unit Hemodialisa di RS Bhayangkara Polda DIY Resmi Beroperasi

Foto Ilustrasi seorang pengunjung diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermal scanner di pintu masuk RS Bhayangkara Jogja, Tirtomartani, Kalasan Sleman, Selasa (17/3/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
27 Agustus 2020 08:17 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, KALASAN--Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY meresmikan unit hemodialisa pada Rabu (26/8/2020). Unit ini diharapkan bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan cuci darah.

Kepala RS Bhayangkara Polda DIY, Kompol Theresia Lindawati menuturkan unit tersebut sudah dibangun sejak tahun 2018. "Di unit yang kami resmikan ini, ada enam bed dengan enam mesin untuk cuci darah," kata Theresia di Gedung Serbaguna Anton Soedjarwo Polda DIY pada Rabu (26/8/2020).

BACA JUGA : RS Bhayangkara DIY Sekarang Punya Eye Center dan Unit 

Menurutnya, tujuan dibangunnya unit tersebut untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi masyarakat yang punya keluhan dan penyakit yang berhubungan dengan cuci darah, seperti penyakit gula darah dan hipertensi. Ia berharap, peresmian ini bisa menjadikan RS Bhayangkara Polda DIY semakin dekat dengan pelayanan terpadu.

"Terima kasih dukungan dari Polda DIY dan RSUP Dr. Sardjito untuk bekerjasama dalam operasional hemodialisa, juga dengan BPJS Kesehatan sehingga masyarakat bisa menggunakan layanan yang kami punya dengan one step service di RS Bhayangkara Polda DIY," tutur dia.

Dalam kesempatan ini, Polda DIY juga memberikan program tali asih yaitu operasi bibir sumbing dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020. Operasi sudah dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2020 lalu dengan jumlah 10 peserta operasi.

BACA JUGA : Klinik Damai Sejahtera Bantu Kesehatan Warga

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol. Yuliyanto menambahkan selain dilaksanakan dua kegiatan itu, juga diserahkan penghargaan kepada perwakilan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 yang meliputi tiga tenaga kesehatan di RS Bhayangkara Polda DIY dan dua tenaga medis penanganan Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.