46.442 Rekening Pekerja di Sleman Telah Diajukan untuk Menerima Subsidi Upah

Ilustrasi uang rupiah - Reuters
27 Agustus 2020 10:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebanyak 46.442 rekening dari 49.343 pekerja yang menjadi peserta BPJamsostek di wilayah Sleman sudah diajukan sebagai calon penerima subsidi upah. Selain pekerja di sektor swasta, nomor rekening yang diajukan tersebut termasuk pegawai kontrak/tenaga bantu yang bekerja di lingkungan Pemkab Sleman.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman Sutiasih mengatakan Disnaker sebelumnya sudah mengirim surat kepada pimpinan atau pun pengurus perusahaan untuk pendataan kelengkapan data kepesertaan BPJamsostek. Program subsidi gaji tersebut, membutuhkan data terkait nama peserta dan nomor rekening peserta BPJamsostek.

BACA JUGA : Subsidi Upah Buruh Belum Cair, Menaker Bantah Ada

"Data diproses oleh BPJS Ketenagakerjaan. Disnaker membantu mensosialisasikan kepada perusahaan dan SKPD untuk yang pegawai non ASN terkait kelengkapan rekeningnya," kata Sutiasih, Rabu (26/8/2020).

Menurut Asih, data pekerja yang diusulkan menerima program subsidi gaji yang dikirim ke pusat adalah data peserta BPJamsostek yang bergaji di bawah Rp5 juta. Data rekening pekerja diinput ke Sistem Informasi Pelaporan Peserta (SIPP) BPJS Ketenagakerjaan.

"BPJS Ketenagakerjaan hanya penyedia data, adapun verifikasi data, teknis dan pelaksanaan program menjadi kewenangan pusat," katanya.

BACA JUGA : Besok Subsidi Gaji Rp600.000 Diluncurkan, Tahap Pertama

Kepala Unit BPJamsostek Sleman Sofie Nur Hidayati mengatakan untuk wilayah Sleman, data jumlah rekening peserta yang telah dan divalidasi sebanyak 46.442 nomor rekening dari jumlah peserta 49.343 pekerja.

"Jumlah tersebut termasuk di dalamnya pegawai kontrak/bantu di lingkungan Pemkab," kata Sofie.