Sah! YIA Diresmikan Jokowi, Ini Kelebihannya Dibandingkan dengan Adisutjipto

Presiden Joko Widodo meresmikan YIA, Gedung Menara Pengawas dan Operasional Airnav Indonesia, dan Sistem Peringatan Dini Tsunami, di Kulonprogo , Jumat (28/8/2020). - Youtube Sekretariat Presiden
28 Agustus 2020 12:47 WIB Aprianus Doni Tolok Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (28/8/2020).

"Alhamdullilah, Bandara Internasional Yogyakarta telah selesai 100 persen," kata Jokowi dalam acara Peresmian Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Gedung Menara Pengawas dan Operasional Airnav Indonesia, dan Sistem Peringatan Dini Tsunami, di Kulonprogo, Jumat (28/8/2020).

Menurutnya, bandara yang berlokasi di Kabupaten Kulonprogo ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan Bandara Internasional Adisutjipto di Sleman

Salah satunya, panjang runway yang mencapai 3.250 meter atau jauh lebih panjang ketinbang runway bandara lama yang hanya mencapai 2.200 meter.

Walhasil, sambungnya, YIA mampu didarati pesawat tipe airbus A380 dan Boeing 777.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap YIA bisa beroperasi dengan sukses dan memberikan manfaat bagi Indonesia khususnya pengembangan perekonomian masyarakat DIY dan sekitarnya.