Advertisement

Gunungkidul Berharap Banyak pada Pembangunan Pelabuhan Gesing

David Kurniawan
Rabu, 02 September 2020 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Gunungkidul Berharap Banyak pada Pembangunan Pelabuhan Gesing Ilustrasi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul menyambut baik wacana pembangunan pelabuhan di kawasan Pantai Gesing, Kalurahan Girikarto, Panggang. Pembangunan diserahkan sepenuhnya ke Pemerintah DIY.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Krisna Berlian, mengatakan wacana pembangunan pelabuhan di Gesing sudah muncul sejak 2019 lalu. Jawatannya mendukung upaya pembangunan karena diharapkan mampu meningkatkan produktivitas laut di kawasan pesisir.

Advertisement

“Kami mendukung dengan baik karena pelabuhan bisa menjadi fasilitas dalam utama dalam mendongkrak pengelolaan hasil laut,” kata Krisna kepada wartawan, Rabu (2/9/2020).

Rencananya pembangunan pelabuhan menggunakan anggaran yang dimiliki oleh provinsi. “Kepastian pembangunan sepenuhnya berada di Pemerintah DIY. Yang jelas, kami mendukung program ini,” ujarnya.

Krisna mengatakan Pantai Gesing sangat cocok dijadikan pelabuhan karena memiliki pemecah ombak alami sehingga tidak perlu breakwater saat pelabuhan dibangun. Di sisi lain, lokasinya juga strategis karena nelayan bisa lebih mudah menjangkau. “Nelayan Gunungkidul atau Bantul juga bisa dengan mudah mengaksesnya,” ucapnya.

Dia menambahkan, rencana pembangunan pelabuhan ini menjadi kunci dalam upaya mengoptimalkan potensi laut di Gunungkidul. Diharapakan program ini bisa segera direalisasikan agar nelayan memiliki akses yang baik untuk pendaratan kapal serta hasil tangkapannya. “Untuk langkah awal masih sebatas pelabuhan pendaratan ikan, tapi ke depan akan dijadikan pelabuhan perikanan pantai seperti di Pantai Sadeng,” kata mantan Kepala Dinas Peternakan ini.

Pendapat senada diungkapkan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunungkidul, Rujimanto. Menurut dia, lokasi di Pantai Sadeng lebih mudah diakses ketimbang di Pelabuhan Sadeng. “Jarak menjadi acuan karena Gesing lebih dekat ketimbang Sadeng yang berada di ujung timur Gunungkidul,” katanya.

Rujimanto pun mendukung penuh upaya pembangunan pelabuhan di Pantai Sadeng. Meski demikian, ia berharap permasalahan nelayan tidak hanya pada fasilitas kepelabuhanan, tetapi juga butuh pendukung lain. Sebagai contoh, nelayan Gunungkidul masih membutuhkan banyak pelatihan dan bantuan alat untuk mengoptimalkan hasil tangkapan ikan.

“Semua harus dipersiapkan sehingga hasilnya pun bisa dirasakan oleh nelayan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement