Usai Viral, Pedagang Ditegur & Halte Kasongan Tak Jadi Warung Lesehatan

Halte Kasongan. facebook.
03 September 2020 10:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Kecamatan Kasihan dan Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul memastikan telah mengosongkan Halte Kasongan dari kegiatan alih fungsi untuk warung lesehan. Selain mengosongkan, Dinas Perhubungan Bantul juga telah secara resmi melayangkan surat teguran kepada pedagang yang nekat mengalihfungsikan halte tersebut.

“Kemarin, kami langsung tindak lanjuti dengan mendatangi lokasi. Kami minta dikosongkan dari kegiatan  kuliner dan mengembalikan fungsi bangunan sebagaimana mestinya. Sekarang sudah bersih dari aktivitas kuliner,” kata Camat Kasihan Slamet Santosa, Kamis (3/9/2020).

BACA JUGA : Viral Halte Kasongan Jadi Warung Lesehan, Ini Tanggapan

Selain memastikan Halte Kasongan bebas dari aktivitas kuliner, mantan Camat Banguntapan ini juga menyatakan, telah melayangkan surat teguran dari Dishub Bantul kepada pedagang yang mengalihfungsikan tempat tersebut. “Surat teguran sudah kami sampaikan,” lanjutnya.

Adapun dalam surat teguran yang dikeluarkan oleh Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanta, tertanggal Rabu (2/9/2020) disebutkan jika Dishub meminta kepada pedagang untuk tidak berjualan dengan menggunakan fasilitas halte.

“Apabila tidak diindahkan, tim gabungan dari Satpol PP, Polres Bantul dan Dinas Perhubungan Bantul akan melakukan tindakan,” kata Aris.

BACA JUGA : Sekolah & Kampus di DIY Bakal Terkoneksi Trans Jogja

Sebelumnya, Halte Kasongan mendadak viral di media sosial facebook, setelah akun @Harry mengunggah foto Halte Kasongan yang beralih fungsi jadi warung lesehan di grup Facebook Info Cegatan Jogja. Dalam foto tersebut, juga terlihat tikar panjang tergelar dilengkapi dengan empat meja kecil yang di atasnya ada tisu makan. Ada juga dua galon air di samping kiri halte tersebut.

"Alih fungsi ruang publik, halte jadi lesehan," tulis akun itu.

Unggahan dilakukan pada Selasa (1/9/2020) sekira pukul 20.00 WIB itu langsung viral.