Advertisement

Sumber Penularan Mahasiswa UPNVY yang Positif Covid-19 Masih Misterius

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 04 September 2020 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Sumber Penularan Mahasiswa UPNVY yang Positif Covid-19 Masih Misterius Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Adanya seorang mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) jenjang Pascasarjana yang dikonfirmasi positif Covid-19 pada Selasa (1/9/2020) lalu masih belum diketahui sumber penularannya. Saat ini, kampus juga tengah menunggu hasil swab tracing kontak dari sejumlah dosen dan mahasiswa lain.

Kasubbag Humas dan Kerjasama UPNVY, Markus Kusnardijanto menuturkan belum mengetahui sumber penularan virus yang menimpa mahasiswa tersebut. Pasalnya, ia diketahui tidak bepergian ke luar kota dalam waktu dekat.

Advertisement

"Belum tahu kena virus di mana. Yang bersangkutan terakhir ke Jakarta bulan Juli," kata Markus ketika dihubungi wartawan pada Jumat (4/9/2020).

Mahasiswa tersebut diketahui positif Covid-19 saat menjalani swab test sebagai syarat perjalanan keluar negeri. Kendati demikian, ia kurang mengetahui rencana perjalanan tersebut untuk kebutuhan studi atau yang lain. "Yang bersangkutan baru mau pergi ke Hungaria, lalu tes swab di salah satu rumah sakit di DIY," sambungnya.

BACA JUGA: Begini Kronologi Covid-19 Menulari Perusahaan di Boyolali

Lantaran sempat mengikuti ujian tesis secara luring di kampus pada 31 Agustus, UPNVY kemudian melakukan penutupan atau karantina wilayah terhadap fakultas yang menaunginya selama tujuh hari sejak 2 September. Kampus juga meminta enam dosen, dua tenaga kependidikan, dan 16 mahasiswa yang sempat berkontak dengannya saat ujian tesis itu untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

Atas rekomendasi dari Puskesmas Depok II, ada enam dosen dan empat mahasiswa yang tergolong kontak erat yang perlu diswab. "Hasilnya belum keluar, harapan kami semua negatif," ujar Markus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement