SD MP3 Ambil Langkah Strategis Pembelajaran di Masa Pandemi

Pembelajaran jarak jauh di SD MP3 Jogja. Harian Jogja - Ist
07 September 2020 07:02 WIB Galih Eko Kurniawan Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Jogja yang sering dikenal SD MP3 Jogja menggelar sosialisasi informasi sekolah kepada seluruh taman kanak-kanak mitra secara bertahap.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan kembali kerja sama yang selama ini sudah berjalan. Kegiatan yang dilakukan selama tiga gelombang tersebut mulai Selasa sampai Kamis 8-10 September 2020 di serambi Masjid Mataram kompleks SD Muhammadiyah Pakel dengan rata-rata undangan 15 kepala TK mitra setiap harinya.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan mengenai kurikulum serta proses pembelajaran di SD Muhammadiyah Pakel pada masa pandemi. Sebab, banyak pertanyaan terkait dengan model pembelajaran di SD MP3.

“Tentu ini akan membuat sulit bagi siswa, guru maupun orang tua jika tidak ada metode yang tepat dalam proses pembelajaran jarak jauh. Sebab, pembelajaran tatap muka sebelum ada pandemi adalah proses kegiatan pembelajaran yang dirasa paling efektif dan efisien karena ada interaksi langsung antara siswa dan guru di kelas,” kata Kepala SD MP3 Jogja, Bunda Menik Kamriana, dalam rilis kepada Harian Jogja, Minggu (6/9/2020).

Namun, untuk saat ini, hal itu hanyalah sebuah keniscayaan karena semua orang harus benar-benar hati-hati terhadap penyebaran virus Corona. Meskipun demikian, sekolah berusaha menggunakan metode pembelajaran sebaik mungkin. Guru diberikan kewenangan penuh dalam proses pembelajaran jarak jauh. Baik dengan cara daring ataupun luring, guru tentu akan lebih bijak jika mampu mengembangkan potensi diri dengan menggunakan media pembelajaran yang pas. Tentu ini akan menjadi langkah strategis pembelajaran pada masa pandemi.

Guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang diharapkan lebih interaktif. Misalnya dengan video call, memakai zoom, dengan google classroom, maupun video pembelajaran dengan guru sebagai modelnya sehingga seolah siswa berhadapan langsung dengan guru dalam proses pembelajaran. Hal ini diharapkan proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien sehingga anak-anak semakin mudah memahami materi pembelajaran.

Selain informasi tersebut, sekolah juga menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan PPDB yang akan dilangsungkan mulai awal bulan September ini dengan membuka pendaftaran Penitipan Nama untuk tahun ajaran 2021/2022. Pihak TK yang diundang diharapkan bantuannya untuk ikut mensosialisasikan kegiatan PPDB di SD MP3.

Ketua PPDB SD MP3 Jogja, Endah Ismawati, menyampaikan tahun ini panitia akan menggulirkan beberapa kegiatan, di antaranya Parenting Virtual, Pembuatan Video Pembelajaran maupun Video Profil Sekolah untuk TK mitra. Harapannya dengan kerja sama yang sudah terjalin kuat tersebut membawa dampak positif bagi semua pihak. Khusus untuk SD MP3, dalam proses penerimaan siswa baru segera mencapai kuota 102 siswa sebelum akhir 2020.