Pertahankan Cagar Budaya, Alumni SMAN 3 Jogja Bangun Grha Padmanaba Senilai Rp15 Miliar

Sejumlah alumni Padmanaba berfoto bersama beberapa guru jelang pelaksanaan Padmanaba Virtual Festival 2020 di SMA N 3 Jogja, Senin (15/9/2020). - Harian Jogja/Sunartono
15 September 2020 09:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Alumni SMA Negeri 3 Kota Jogja atau Padmanaba bersepakat untuk membangunkan Grha Padmanaba di kompleks sekolah tersebut. Bangunan dengan tujuh lantai akan dilakukan peletakan batu pertama bersamaan dengan rangkaian Padmanaba Virtual Festival 2020 yang digelar mulai Selasa (15/9/2020) hingga Sabtu (19/9/2020).

Panitia Pembangunan Grha Padmanaba Triyanto menjelaskan SMA N 3 Jogja memiliki prestasi yang luar biasa, namun belum dibarengi dengan sarana pendidikan yang lebih layak. Menurutnya, saat ini ruangan kelas masih terbatas mengingat anggaran pembangunan secara bertahap. Di tengah banyaknya siswa yang kreatif, SMA 3 Jogja belum memiliki ruang khusus kreasi dan pameran. Oleh karena itu sebagai alumni pihaknya merasa terpanggil untuk membangunkan Grha Padmanaba.

"Kalau hanya mengandalkan dana pemerintah tidak memaksimal, tidak bisa bersamaan. Kami sepakat sudah mulai melangkah dengan membangun Graha Padmanaba pakai dana alumni, nanti jika sudah jadi akan kami hibahkan ke Pemda DIY. Anggaran sekitar Rp15 miliar dan itu akan kami upayakan agar semaksimal pakai dana alumni," ungkapnya Senin (14/9/2020).

Ia menambahkan gedung SMAN 3 Jogja telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Triyanto memastikan pembangunan Grha tidak menghilangkan bangunan yang termasuk cagar budaya. Pihaknya telah melakukan identifikasi titik bangunan mana saja yang termasuk cagar budaya dan tidak. Bangunan yang tidak termasuk cagar budaya akan dirobohkan, sedangkan bangunan yang dikategorikan cagar budaya tetap dilindungi.

Sifat dari Grha Padmana nantinya sekaligus untuk mempercantik bangun heritage. "Semua sudah kami pertimbangkan dan bangunan cagar budaya tetap dipertahankan. Justru Grha Padmanaba ini nantinya akan melengkapi bangunan cagar budaya yang sudah ada. Mengingat ada beberapa bangunan baru yang bukan cagar budaya di sekitarnya tetapi membuat semrawut," ujarnya.

78 Jam Online

Ketua Panitia Padmanaba Virtual Festival 2020 Muhammad Aditya menjelaskan kegiatan reuni alumni tahun ini akan menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 dengan digelar secara online selama 78 jam. Sejumlah rangkaian seperti talkshow, ziarah, seminar ilmiah, pemberian beasiswa, game virtual, perlombaan siswa hingga kegiatan budaya dengan menampilkan wayang virtual dalang Ki Seno.

Adapun untuk ground breaking Grha Padmanaba digelar pada Sabtu (19/9/2020). dengan digelar secara online bisa melibatkan ribuan alumni yang tersebar di berbagai negara.

“Pada perayaan ulang tahun Padmanaba ke-78 ini istimewa karena dimulai pembangunan gedung untuk menjawab tantangan kebutuhan masa depan dalam pendidikan berbasis internasional,” katanya.

Menurutnya, gedung SMA 3 Jogja memiliki sejarah penting zaman kolonial Belanda dan pernah digunakan sebagai Algemeene Middelbare School (AMS) dengan usia bangunan mencapai 100 tahun. Beberapa orang penting di Indonesia seperti perintis industri penerbangan Nurtanio Pringgoadisuryo juga pernah bersekolah di gedung tersebut. Cerita menarik itu diangkat juga dalam rangkaian festival yang digelar secara online.