Di Tengah Pandemi, Imunisasi Puluhan Ribu Anak SD di Bantul Jalan Terus

Ilustrasi imunisasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto
16 September 2020 13:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Di tengah pandemi Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul memastikan tetap menggelar imunisasi untuk 60.968 siswa sekolah dasar (SD) dan sederajat di wilayahnya.

Selain imunisasi bias campak rubela, HPV dan DT, Dinkes Bantul juga menggelar imunisasi TD,  September hingga Desember mendatang.

BACA JUGA: Desa Wisata Kasongan Masih Tutup, Pesanan Gerabah Meroket

Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharjo mengatakan imunisasi untuk siswa di 437 sekolah dasar dan sederajat di wilayahnya ini mulai digelar sejak awal September. Imunisasi juga melibatkan petugas dari puskesmas setempat.

“Imunisasi memang kami gelar secara bergelombang serta terjadwal. Kami tetap mengedepankan protokol kesehatan. Tidak seperti tahun sebelumnya, tidak akan ada kerumunan dan tidak mengganggu aktivitas anak,” kata Agus, Rabu (16/7/2020).

BACA JUGA: Trump: Vaksin Covid-19 Tersedia 4 Pekan Lagi

Agus menyatakan Dinkes Bantul juga melakukan penjaringan kesehatan secara daring. Petugas akan mengisikan data siswa yang dijaring kesehatannya melalui aplikasi Mobscreen Penjarkes.

Bupati Bantul Suharsono mengatakan imunisasi di tengah pandemi menjadi tantangan tersendiri. Dia meminta agar protokol kesehatan tetap dikedepankan saat pelaksanaan imunisasi.

“Saya mewanti-wanti baik petugas puskesmas dan orang tua agar tetap gunakan protokol kesehatan. Karena saat ini masih di tengah pandemi Covid-19,” ucap Suharsono.