Advertisement

Maksimalkan Pelayanan Bagi Masyarakat, DPRD DIY Tingkatkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Anton Wahyu Prihartono
Kamis, 17 September 2020 - 18:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Maksimalkan Pelayanan Bagi Masyarakat, DPRD DIY Tingkatkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19 Eko Suwanto selaku Ketua Komisi A DPRD DIY (kiri). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Upaya memutus mata rantai penyebaran penyakit menular Covid-19 perlu disiplin dan kerja keras semua elemen. Adanya penambahan empat kasus positif baru di perkantoran di lingkup DPRD DIY membutuhkan kesadaran bersama, bergerak serempak dalam jalankan protokol kesehatan.

Eko Suwanto selaku Ketua Komisi A mengatakan lewat tujuh langkah strategis program pitulungan yang telah ada, semua pihak diingatkan agar benar-benar disiplin agar penanganan Covid-19 segera tuntas.

Advertisement

"Ancaman Covid-19 nyata dan tampak di depan mata, sehingga semua harus disiplin jalankan protokol kesehatan, sudah ada tujuh langkah strategis untuk program pitulungan penanganan penyakit menular ini sebagai pedoman. Tujuh langkah itu pencegahan, penguatan sistem kesehatan, penyelesaian masalah ekonomi, gotong royong masyarakat, disiplin masyarakat dalam cegah Covid-19 serta tentu saja mari berdoa pada Allah semoga corona lekas sirna, semoga vaksin lekas ditemukan ," kata Eko Suwanto, Kamis (17/9/2020). 

Eko Suwanto menyatakan dirinya sudah melakukan rapid dengan hasil non reaktif dan swab dengan hasil negatif.

Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan ini menyatakan sebagai anggota dewan pihaknya tetap aktif menjalankan tugas sebagai wakil rakyat. Memastikan langkah pengawasan penyaluran bantuan bagi mereka yang terdampak pandemi.

"Risiko tugas sebagai anggota DPRD kan harus melayani masyarakat. Tidak hanya menjalankan tugas di kantor namun juga melayani masyarakat di kampung-kampung dan di-desa desa. Membagikan masker, mengawasi pemda dalam mengalokasikan bansos ke masyarakat, mengawasi pemda dalam mengawal sistem kesehatan dan tugas DPRD lainnya. Yang terpenting dalam melaksanakan tugas senantiasa disiplin cuci tangan, pake masker, physical distancing dan menjaga daya tahan tubuh," kata Eko Suwanto. 

Prinsipnya, ke depan DPRD akan tetap melakukan layanan dan pembelaan serta pendampingan masyarakat dengan lebih disiplin melaksanakan protokol yang lebih ketat.

"Setelah ada anggota DPRD yang positif Covid19 ini, untuk memberikan ketenangan bagi masyarakat maka hari ini hingga Jumat akan dilakukan pembersihan, termasuk penyemprotan disinfektan serta memperbanyak tempat cuci tangan, hand sanitizer serta APD lainnya. Kita ingin pastikan protokol kesehatan dijalankan. Selain itu kegiatan rapid dan swab bagi seluruh anggota DPRD dan staf sekretariat juga akan dilaksanakan," tuturnya.

"Mohon doa semoga yang positif lekas sembuh dan dapat kembali melayani masyarakat dengan baik. Untuk diketahui, sejak beberapa waktu yang lalu DPRD bersama Pemda juga telah melakukan rapid dan swab bagi pejabat dan staf di lingkungan Pemda DIY termasuk di DPRD. Rapid test juga akan dilaksanakan bagi mitra DPRD DIY termasuk bagi teman teman wartawan dilingkungan kerja DPRD DIY. Rapid dan swab ini sebenarnya kegiatan rutin untuk menjaga kualitas layanan publik, baik bagi Pemda maupun DPRD sejak Covid terjadi di DIY. Prinsipnya DPRD ingin memberikan perlindungan yang terbaik dan melaksanakan protokol dengan benar. Selain ini kan minggu lalu juga kita deklarasikan Gerakan Pakai Masker yang hingga desember kita bersama Pemda sediakan 1 juta masker," lanjut Eko Suwanto.

Pencegahan Covid-19

Langkah testing, pemetaan, tracing atau penelusuran serta treatment akan terus dilaksanakan untuk memberikan panduan penanganan pencegahan Covid-19 bisa terkendali di DIY.

"Ayo semua terus jalankan disiplin agar selalu sehat. Covid-19 itu nyata dan merupakan ancaman serius, kita harus sama sama bekerja keras untuk memutus mata rantai penyebarannya," kata Eko Suwanto Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Sebagai langkah pencegahan maka upaya selalu jaga kebersihan dengan fasilitasi pembersihan secara rutin kantor DPRD dengan lap pel dan semprot disinfektan seluruh ruangan dan halaman penting dijalankan.

"Saya sudah koordinasi dengan sekretaris DPRD untuk menambahkan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer yang mudah dijangkau dan penyediaan masker bagi anggota DPRD dan seluruh pegawai Sekretariat DPRD. Penting juga disusun S.O.P atau prosedeur kerja kegiatan di DPRD dalam perspektif pencegahan Covid-19. Misal, melaksanakan rapat daring, pengukuran suhu bagi setiap yang masuk atau ikuti rapat tatap muka secara terbatas, dan lain lain. Intinya kita semua bersama lakukan upaya pencegahan dan lebih berdisiplin jalankan protokol kesehatan" kata Eko Suwanto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement