Bupati & Wakil Bupati Akan Cuti Ikut Pilkada, Pjs Bupati Bantul Belum Jelas

Ilustrasi - Freepik
24 September 2020 15:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati dan Wakil Bupati Bantul akan mengambil cuti bersama karena ikut Pilkada Bantul. Sampai sekarang belum jelas siapa pejabat dari Pemda DIY yang mengisiposisi Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bantul, mulai Senin (28/9/2020) mendatang.

Bupati Bantul Suharsono dan Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslin akan cuti mulai Sabtu (26/9/2020) lusa.

BACA JUGA: Dapat Nomor Urut 1 di Pilkada Bantul, Abdul Halim: Insyaallah Jadi Nomor Satu

Sejumlah nama digadang-gadang menjadi Pjs Bupati Bantul. Salah satunya adalah mantan Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) yang kini menjabat Asisten Perekonomian Setda DIY Tri Saktiana.

Sekda Bantul Helmi Jamharis menyatakan belum mengetahui pejabat Pemda DIY yang akan bertugas sebagai Pjs Bupati Bantul. Dia juga belum bisa memastikan Tri Saktiana akan menempati posisi tersebut.

“Sampai saat ini belum ada informasi terkait Pjs. Kami juga belum tahu siapa yang jadi Pjs nantinya. Kami tunggu saja. Rencana Pjs memang mulai aktif bertugas Senin (28/9/2020),” kata Helmi, Kamis (24/9).

BACA JUGA: Dapat Nomor Urut 2 di Pilkada Bantul, Suharsono: Artinya Dua Periode

Menurut Helmi, pengajuan cuti di luar tanggungan negara dari bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti Pilkada 2020 sudah sesuai dengan Permendagri No.1/ 2018. Cuti dimulai 26 september sampai dengan 5 desember 2020. Beberapa tahapan yang harus dilalui adalah pengajuan cuti dari bupati dan wakil bupati ke Gubernur DIY.

Selanjutnya, Gubernur DIY mengajukan tiga calon pejabat sementara bupati kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Mendagri akan menunjuk pejabat sementara berdasar usulan dari Gubernur DIY.

“Mulai 26 September hingga 5 Desember akan memasuki masa kampanye. Pejabat sementara bupati nantinya akan mulai bekerja,” terang Helmi.