Tak Pakai Masker, Ratusan Orang Terjaring Razia

Ilustrasi. - Freepik
24 September 2020 06:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Operasi yustisi penegakkan protokol kesehatan di Kulonprogo yang digelar tim gabungan sejak 14 September 2020 telah menjaring sedikitnya 232 pelanggar. Mayoritas pelanggaran yang ditemui adalah tidak mengenakan masker.

"Ya kebanyakan tidak mengenakan masker, atau membawa masker tapi tidak dipakai dengan benar," kata Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan, Satpol PP Kulonprogo, Rokhgiarto, Rabu (23/9/2020).

BACA JUGA : Dikejar Petugas Razia Masker di Tugu Jogja, Pengendara RX

Operasi ini dilakukan setiap hari di lokasi yang berbeda-beda. Pada operasi perdana, Senin (14/9/2020) misalnya, dilakukan di kawasan Alun-alun Wates dan Pasar Bendungan, Kapanewon Wates. Hasilnya tim gabungan mendapati 33 pelanggar. Hari-hari berikutnya dilakukan di tempat umum yang sarat keramaian, seperti pasar tradisional dan kompleks Pemkab Kulonprogo.

Rata-rata jumlah pelanggar yang terjaring dalam satu kali operasi berkisar antara 25-26 orang. Para pelanggar itu ada yang diberi teguran lisan, adapula yang mendapat sanksi kerja sosial membersihkan lingkungan.

BACA JUGA : Tak Sampai 1 Jam, Puluhan Orang Kena Razia Masker 

Sekretaris Satpol PP Kulonprogo, Hera Suwanto menerangkan jika ditotal dengan razia sebelum 14 September, maka jumlah pelanggarnya mencapai 330 orang.  Dari jumlah itu 108 orang mendapat teguran lisan dan sisanya yakni 222 diberikan sanksi kerja sosial. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah mengingat operasi yustisi dilaksanakan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Kami catat identitas pelanggar lalu kami berikan sanksi kerja sosial dengan dipakaikan rompi bertuliskan pelanggar protokol kesehatan," ucapnya.

Hera berharap melalui sanksi itu bisa timbul efek malu dan jera agar pelanggar tidak mengulangi perbuatannya, dan kedepan masyarakat jadi lebih patuh terhadap protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 di Kulonprogo.

BACA JUGA : Sejam, 85 Orang Terjaring Razia Tak Pakai Masker