Jelang Musim Hujan, DLH Bantul Pangkas Ranting Pohon

Ilustrasi pemangkasan pohon perindang. - Harian Jogja
06 Oktober 2020 05:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul mulai mendata dan memangkas pohon-pohon yang terlalu rindang, khususnya yang berada di tepi jalan umum. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang saat memasuki musim penghujan.

“Terkait dengan menghadapi musim penghujan, DLH telah melakukan antisipasi terkait dengan keberadaan pohon yg potensi tumbang atau roboh yang dapat membahayakan penggunan jalan,” kata Kepala DLH Bantul, Ari Budi Nugroho, Senin (5/10/2020).

Ia mengaku sejak dua pekan terakhir sudah memangkas ranting pohon di 10 titik yang dianggap membahayakan pengguna jalan dan bangunan rumah. Beberapa titik pemangkasan ranting pohon di antaranya di Jalan Jogja-Wonosari, Piyungan, Bantul atau sekitar objek wisata Bukit Bintang dan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Selain itu pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk memotong sendiri pohon sekitar rumah yang dianggap membahayakan jika tertiup angin kencang atau meminta bantuan petugas DLH untuk memotongnya.