Hanya Dalam Tiga Hari, 13 Kali Kecelakaan Terjadi di Bantul

Ilustrasi. - Freepik
07 Oktober 2020 21:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Satuan Lalu Lintas Polres Bantul mengimbau pengendara kendaraan untuk berhati-hati dalam mengemudi. Imbauan ini terkait dengan seringnya terjadi kecelakaan, bahkan dalam tiga hari terakhir telah terjadi 13 kasus kecelakaan di Bumi Projotamansari.

Kecelakaan teranyar terjadi di Jalan Parangtritis, tepatnya di Dusun Panjangjiwo Desa Patalan, Kecamatan Jetis, Bantul, Rabu (7/10/2020) dini hari. Mobil Toyota Limo AB-1079-BX yang dikendarai Mustofa, 51, warga Tirtoadi, Mlati, Sleman, masuk selokan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polres Bantul, Iptu Maryono, mengatakan peristiwa kecelakaan tunggal tersebut bermula ketika Toyota Limo melaju dengan kecepatan sedang dari arah selatan atau Pantai Patangtritia menuju utara atau arah Jogja. "Sesampainya di tempat kejadian jalan menikung ke kiri, namun pengemudi hilang kendali sehingga melambung ke kanan dan masuk ke dalam parit di sebelah timur jalan," kata Maryono, Rabu (7/10/2020).

Kecelakaan tersebut menyebabkan kerusakan berupa roda depan sebelah kanan dan velg pecah, serta bodi depan sebelah kanan pecah. Kerugian ditaksir mencapai sekitar Rp2 juta. Sebelumnya Maryono mencatat pada 5 Oktober lalu juga terjadi kecelakaan sebanyak 12 kali, sehingga total sampai 7 Oktober ini sudah 13 kali kecelakaan.

BACA JUGA: Singgung Demo Omnibus Law, Akun @iwanfals Di-bully Warganet

Dari jumlah kecelakaan tersebut sebagian besar adalah kecelakaan tunggal. Maryono mengimbau pengendara selalu mentaati tata tertib berlalu lintas, dan selalu berkonsentrasi dalam mengendarai kendaraan

"Jangan mengemudi dalam pengaruh alkohol yang dapat mengancam jiwa sendiri maupun orang lain," tandas Maryono. Pihaknya juga sudah memasang imbauan tertulis di sejumlah ruas jalan yang rawan terjadi kecelakaan seperti di Jalan Parangtritis, Jalan Srandakan, dan Jalan Samas.