Kos di Baciro Disatroni Maling, Mahasiswa Tingkat Akhir Kehilangan Laptop

Ilustrasi. - Freepik
08 Oktober 2020 10:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Aksi pencurian dialami oleh seorang mahasiswa yang tinggal di sebuah indekos di Baciro, Gondokusuman, Jogja pada Sabtu (3/10/2020) lalu. Korban kehilangan laptopnya yang berisikan data-data penting terkait dengan studinya sebagai mahasiswa akhir di sebuah kampus yang ada di Jogja.

Korban pencurian Dani Rizky Prasetya, 26, warga Kulonprogo, DIY, mengaku jika aksi pencurian yang dialaminya terjadi ketika kamar kos kosong. Pada waktu itu, Dani berencana hendak mencari makan karena perutnya keroncongan.

"Peristiwa terjadi pada Sabtu (3/10/2020). Saya bersama dengan teman indekos hendak mencari makan dan memutuskan untuk pergi keluar kos pada pukul 18.44 wib," ujar Dani, saat dimintai konfirmasi pada Rabu (7/10/2020).

Baca juga: DIY Terus Kembangkan Inovasi Keterbukaan Informasi

Setelah membeli makan, Dani dan temannya kembali ke indekosnya pada pukul 19.38 wib. Namun, ia heran engsel di gembok pintu kamar indekosnya sudah rusak. Seperti sudah ada yang mencoba membobol masuk dan kemudian membenahinya kembali.

"Tapi posisi engsel seperti di benahi lagi, bautnya itu menempel tapi tidak kencang. Ketika masuk ke dalam kamar, lemarinya sudah berantakan. Namun, anehnya, barang yang ada di kamar tidak ada yang hilang," ungkapnya.

Alangkah malang nasib Dani, laptopnya yang dipinjamkan ke teman indekosnya justru raib. Pasalnya, si pencuri ternyata ikut membobol kamar milik temannya. Kebetulan, laptopnya berada di kamar yang dibobol oleh pencuri.

Baca juga: 35% Pekerja Indonesia Di-PHK Saat Pandemi Covid-19

"Tidak hanya laptop, hard disk eksternal, flash disk, handset dan ransel juga ikut diambil terduga pelaku. Kebetulan, laptop saya dipinjam oleh teman satu kos juga. Nah, kamar teman saya yang meminjam laptop ini juga ikut kebobolan. Sehingga laptop saya yang ada di kamar teman saya malah ikut hilang," terang Dani.

Saat aksi pencurian terjadi, keadaan kos memang sedang sepi. Hanya terdapat satu orang penghuni kos pada waktu itu. Kebetulan, penghuni kos tersebut berada di lantai dua sehingga kejadian pencurian yang terjadi di lantai bawah tidak ia ketahui.

Malang nasib Dani. Mahasiswa dari salah satu kampus yang ada di Jogja ini terpaksa harus menelan pil pahit karena kehilangan laptopnya seharga Rp2,8 juta. Hard disk serta flash disk milik temannya jika dirupiahkan sekitar Rp900 ribu.

"Dulu pernah kehilangan juga di kos ini tapi korbannya bukan saya. Harapannya kasus ini diusut dan tidak terjadi lagi. Laptop saya itu harganya Rp2,8 juta, barang lainnya yang hilang totalnya mencapai Rp900 ribu," sambung Dani.

Atas kejadian pencurian yang menimpanya, Dani mengaku sudah melaporkan aksi kriminal tersebut ke pihak kepolisian. Polisi, lanjut Dani, juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) beberapa waktu lalu.

"Pada hari itu yakni Sabtu (3/10) yakni pukul 22.00 wib saya sudah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Gondokusuman. Seketika pada pukul 23.00 wib dilakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP)," ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Gondokusuman Kompol Bonifasius Slamet mengatakan jika pihaknya masih berupaya untuk mencari laporan yang dilayangkan oleh korban yakni Dani Rizky Prasetya.

"Masih saya koordinasikan dahulu. Saya cek dulu laporan itu," pungkas Boni.