Kapan Bioskop di Jogja Dibuka Kembali? Ini Kata Pemkot

Ilustrasi. - Freepik
12 Oktober 2020 17:27 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemkot Jogja masih mengkaji ihwal diizinkan tidaknya bioskop di wilayah ini dibuka kembali di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Kepala Bidang Atraksi Wisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kota Jogja, Edi Sugiharto menyatakan beberapa sub sektor usaha hiburan seperti bioskop banyak yang mempertanyakan perihal kapan diizinkannya bioskop untuk buka kembali.

Pasalnya bioskop seperti di Bandung sudah mulai diperbolehkan buka. "Banyak yang tanya ke kami pasca-Pemkot Bandung bolehkan bioskop dibuka, protokol resepsi pernikahan juga ada yang tanya," tuturnya, Senin (12/10/2020).

Namun Edi melihat karena jenis usaha tersebut dilakukan di ruang tertutup maka butuh kesiapan khusus secara teknis karena berisiko tinggi di tengah pandemi. Sejauh ini usaha hiburan yang mendapat verifikasi di Kota Jogja adalah tempat biliar.

Menanggapi banyaknya pertanyaan terkait pembukaan bioskop, Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan perlu review mendalam khususnya dari segi aspek kesiapan pengusaha bioskop. "Apa sudah boleh atau belum nanti kita lihat dulu dari review dan melihat kesiapan dari mereka, kan yang paling penting itu kan keselamatan warga yang kedua protokol kesehatan," tegasnya.

Pemerintah masih mengkaji bagaimana para pengusaha bioskop menempatkan porsinya untuk keselamatan warga dan protokol kesehatan. "Kalau itu [protokol kesehatan] mungkin rigid dan bagus mungkin bisa jalan, tapi dilihat dulu itu semuanya, harus lebih detail untuk melihat protokol kesehatan yang mereka jalankan," katanya.