Akhirnya, Penyaluran Bansos Beras di Hargomulyo Terealisasi

Ilustrasi bantuan
12 Oktober 2020 13:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, akhirnya memperoleh bantuan sosial (bansos) beras setelah sebelumnya sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Koordinator PKH Kulonprogo, Totok Hariyanta mengatakan penyaluran bansos beras kepada 493 KPM di Hargomulyo itu dilakukan pada Jumat (9/10/2020) kemarin. Penyaluran ini berdasarkan hasil koordinasi antara pihaknya dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulonprogo, Perum Bulog DIY dan relawan Covid-19 Hargomulyo.

"Penyaluran dilakukan di 11 titik yang terdiri dari tempat pak Dukuh, balai desa dan rumah-rumah warga. Setiap titik sekitar 50 KPM. Adapun setiap KPM mendapat jatah dua kali penyaluran [Tahap Agustus-September] sehingga masing-masing memperoleh 30 Kg," kata Totok, kepada awak media, Senin (12/10/2020).

Baca Juga: Covid-19 di Kulonprogo Mengalami Tren Peningkatan Kasus Harian

Totok menjelaskan dalam penyaluran ini tetap memperhatikan protokol kesehatan, meliputi pemakaian masker, jaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan air yang mengalir. "Kami tidak sampai menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), tapi yang pasti protokol Kesehatan tetap dijalankan," ujarnya.

Totok menerangkan untuk penyaluran tahap ketiga atau Oktober, rencananya dilakukan pada minggu ketiga bulan ini. Jika tidak ada kendala, penyaluran di Hargomulyo akan dibarengkan dengan daerah lain di Kulonprogo.

Diberitakan sebelumnya, penyebaran Covid-19 di Hargomulyo, Kokap yang salah satunya memunculkan klaster arisan menyebabkan penyaluran bansos beras bagi 493 KPM di sana terpaksa ditunda.

Berdasarkan jadwal, penyaluran di Hargomulyo, berlangsung pada 17-26 September 2020. Namun penyaluran harus ditunda karena di kalurahan tersebut terjadi penularan Covid-19 yang menjangkiti puluhan warga. Penyebaran virus itu berawal dari arisan RT di Dusun Tlogolelo, Hargomulyo kemudian menyebar ke dusun tetangga yakni Dusun Pripih, Hargomulyo.

Baca Juga: Mulai Hujan, Warga Kota Jogja Diminta Bersiap

Kepala Dinsos P3A Kulonprogo, Yohannes Irianta mengatakan teknis penyaluran bansos beras di kalurahan yang terpapar Covid-19 bakal dilakukan dengan cara berbeda. Pengambilan bantuan oleh KPM nantinya dilakukan secara kolektif, tidak seperti kalurahan lain yang dipusatkan di dusun atau langsung rumah KPM.

"Nanti dimungkinkan adanya pengambilan secara kolektif. Teknis seperti ini dibolehkan untuk meminimalisir penularan Covid-19," ucapnya.

Penyaluran bansos beras ini menyasar 30.688 KPM yang tersebar di 87 kalurahan dan satu kelurahan di Kulonprogo. Bantuan ini merupakan program dari pemerintah pusat dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Besaran bansos yang diberikan per KPM adalah 15 Kg selama tiga bulan, mulai Agustus sampai dengan Oktober. Namun, penyaluran Agustus digabungkan dengan September, sehingga pada September kemarin per KPM menerima 30 Kg sekaligus.