Sparepart Alat Berat Proyek Pembangunan Kereta Bandara Kulonprogo Lenyap Digondol Maling

Ilustrasi. - Freepik
16 Oktober 2020 17:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sejumlah sparepart alat berat, backhoe di proyek pembangunan jalur kereta bandara di Kalurahan Kalidengen, Kapanewon Temon, raib digondol maling.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jefri mengatakan aksi pencurian itu pertama kali diketahui oleh operator alat berat, Nur Fattah, 42, pada Kamis (15/10/2020) pagi.

Ketika hendak bekerja, Nur dikagetkan dengan kondisi kaca alat berat yang sudah pecah. Ketika dicek, sejumlah sparepart seperti CPU, monitor dan sensor engine alat berat itu sudah hilang.

"Saksi kemudian mengecek kondisi alat berat lainnya, dan didapati bahwa CPU berserta monitor juga hilang, jadi totlanya ada dua backhoe yang sparepartnya dicuri," kata Jefri kepada wartawan, Jumat (16/10/2020) siang.

BACA JUGA: Sepekan Terakhir Aktivitas Kegempaan Merapi Cenderung Tinggi

Jefri mengatakan pihaknya sudah melakukan olah TKP. Sejumlah saksi dipanggil petugas untuk dimintai keterangan. "Untuk saat ini kasus masih dalam penyelidikan," ucapnya.

Akibat peristiwa ini, kerugian yang diderita ditaksir ratusan juta rupiah. Mengingat harga satu sparepart berupa CPU dan monitor mencapai lebih dari Rp50 juta.