Laka Lantas di Jalan Jogja-Wonosari, 1 Penumpang Meninggal Dunia

Ilustrasi. - Freepik
17 Oktober 2020 12:27 WIB Newswire Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Sebuah kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan terjadi di Jalan Jogja-Wonosari, tepatnya di Pedukuhan Siyono Wetan, Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Jumat (16/10/2020) malam. Akibat kecelakaan itu, satu orang meninggal dunia.

Peristiwa kecelakaan maut tersebut membuat Jalan Jogja-Wonosari macet selama hampir 1 jam.

Kecelakaan beruntun yang melibatkan Suzuki Carry api 1528 HD, Daihatsu Grand Max Pick Up 895 W, dan Toyota Avanza AB 1195 EY ini terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Korban yang meninggal merupakan penumpang mobil Carry yang berada di bagian belakang.

Berdasarkan penuturan dari warga setempat, Mujiyo, dirinya sempat berbicara dengan sopir mobil Carry. Kepadanya, sopir mobil Carry mengatakan bahwa mobil yang dikemudikannya membawa rombongan dari arah Jogja menuju Wonosari.

"Sampai di lokasi kejadian ada mobil Grand Max warna putih yang berlawanan arah hendak mendahului mobil di depannya," tutur Mujiyo, dilansir dari Suara.com-jaringan Harianjogja.com, Sabtu (17/10/2020).

Baca Juga: Tersangka Perusakan Kendaraan Polisi Saat Demo di Malioboro Bisa Bertambah

Mobil Grand Max putih berkecepatan tinggi tersebut memaksa mendahului mobil di depannya meskipun dari arah berlawanan melaju mobil Carry dengan kecepatan sedang. Akibat jarak yang terlalu dekat, maka kecelakaan tersebut tidak bisa dihindarkan.

Kerasnya benturan mengakibatkan mobil Suzuki Carry tersebut melaju tak terkendali hingga terguling dua kali. Dari arah berlawanan, melaju mobil Toyota Avanza, yang kemudian tertimpa oleh mobil Carry. Mobil Carry pun baru berhenti usai menabrak tiang listrik yang berada di sisi selatan Jalan Jogja-Wonosari.

"Mobil Carry tersebut masih dalam keadaan terbalik," tambah Mujiyo.

Sementara, mobil Grand Max, yang memicu tabrakan tersebut, terus melaju beberapa puluh meter per sekon sebelum terjadi benturan. Mobil tersebut baru berhenti karena pecah ban akibat benturan dengan mobil Suzuki Carry sebelumnya.

Pengemudi Toyota Avanza, Sukisno, mengatakan, dirinya bersama rombongan baru saja pulang dari mendatangi hajatan di Kapanewon Nglipar, Gunungkidul. Saat di lokasi kejadian, dirinya melaju dengan kecepatan sedang dan melihat dua kendaraan di depannya terlibat adu banteng.

"Mobil Suzuki Carry berguling dan menuju ke arah saya. Saya sudah berusaha menginjak rem sekuat tenaga tetapi tidak bisa sehingga juga tertabrak, "paparnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Ungkap Peran MUI Dalam Proses Pengadaan Vaksin Covid-19

Meskipun terlibat kecelakaan, tetapi sukisno bersyukur karena empat penumpang yang ia bawa tidak mengalami luka sedikit pun. Mobilnya pun tidak mengalami kerusakan yang cukup parah karena hanya bagian bemper sebelah kiri yang tertimpa mobil Suzuki Carry.

Hingga berita ini ditulis, jajaran kepolisian belum bersedia memberikan keterangan, termasuk identitas para korban. Seluruh korban telah dilarikan ke rumah sakit RSUD Wonosari. Saat ini pihak kepolisian masih sibuk melakukan evakuasi terhadap tiga kendaraan yang terlibat kecelakaan tersebut.

"Nanti ya," tutur Kanit Laka Lantas Polres Gunungkidul AKP Soni Yunianto saat dimintai keterangan termasuk juga identitas korban.

Sumber : suara.com