Ular Melingkar di Tiang Kraton Jogja pada Malam Jumat, Ini Tanggapan Kraton

Ular melinkari tiang Bangsal Magangan Kraton Jogja. - Istimewa
20 Oktober 2020 13:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJASeekor ular meramaikan jagat Twitter setelah akun @fthhrrs mengunggah foto ular melingkari salah satu tiang di Bangsal Maganan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kraton menyebut kejadian itu sudah biasa terjadi.

Penghageng Tepas Dwarapura Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, KRT Jatiningrat, atau yang akrab disapa Romo Tirun, mengakui kejadian tersebut. "Di Bangsal Magangan, tepatnya di pilar sebelah barat-utara itu persis di atas umpak,” ujarnya, Selasa (20/10/2020).

BACA JUGA: Olahraga di Luar Ruangan, Tetap Wajib Pakai Masker

Menurutnya kejadian tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena memang sudah biasa terjadi. Ya tidak apa-apa, ya biasa itu. Di Kraton sering kejadian-kejadian yang begitu-begitu dan itu sudah biasa,” kata dia.

Ular tersebut melingkar pada Kamis (8/10/2020) malam, tepat pada malam Jumat Pon. Ia mengakui ular yang melingkari tiang tersebut menurutnya memang tergolong kejadian misterius. Meski demikian, hal misterius menurutnya memang biasa terjadi di Kraton dan orang-orang di dalam Kraton sudah biasa mengalaminya.

BACA JUGA: BMKG Jogja: La Nina Tingkatkan Ancaman Banjir, Longsor, & Tanah Longsor

Romo Tirun mencontohkan kejadian lain yang juga tak kalah misterius yakni patung harimau di dalam Kraton yang terlihat tiba-tiba meloncat.

“Jadi hal-hal aneh yang tidak biasa di luar Kraton, sudah biasa di Kraton, apalagi harinya malam Jumat Kliwon,” kata dia.

Ia mengatakan Bangsal Magangan dulunya berfungsi untuk seleksi para abdi dalem prajurit. Proses seleksi atau pemilihan abdi dalem dilakukan oleh putra mahkota atau Sri Sultan sehingga bangsal ini diberi nama Magangan, yang berarti calon.