Wayang Jogja Night Carnival Digelar Secara Virtual

Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi ikut membawakan lagu Yogyakarta di pra-acara WJNC 2020 di Pedestrian Suroto Kotabaru. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati.
20 Oktober 2020 20:17 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, GONDOKUSUMAN - Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Pariwisata Kota Jogja melakukan serangkaian pra-acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2020 di sejumlah titik. Berbagai seniman dari bermacam-macam bidang turut memeriahkan acara ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Maryustion Tonang menjelaskan dalam WJNC ke-5 ini ada beberapa hal yang berbeda dari segi pelaksanaan karnaval kaitannya dengan masa pandemi. Perbedaan jelas kentara pada pelaksanaan WJNC tahun ini akan digelar dengan pola virtual. "Tentunya dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 menjadi hal utama yang tidak bisa ditawar-tawar," terang Tion Selasa (19/10/2020).

BACA JUGA : JNE Gratiskan Ongkir di HUT Kota Jogja Ke-264

Lebih lanjut Tion menjelaskan dalam agendanya jumlah tamu yang diundang pun dibatasi. Selanjutnya dari segi atraksi pun berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya, pada tahun ini beragam pertunjukan yang dihelat tidak bersifat massal. "Berbicara WJNC ada beberapa prinsip yang kita pertahankan, pertama ada Tugu Jogja, digelar malam hari, dan atraksinya yakni wayang," jelasnya.

Agenda pra-acara WJNC tahun ini digelar di tmpat titik. Adapun keempat titik tersebut yaitu Tugu Jogja, Pedestrian Suroto Kotabaru, Pojok Beteng Tanjung Anom, dan Plaza Pasar Ngasem. Berbagai pertunjukan digelar di setiap lokasi, ada Tari Edan-edanan, Tarian Solah Buto, Tari Neng Omah Wae, penampilan musik, dan berbagai pertunjukan kesenian lainnya.

"Prinsip empat titik ini juga polanya protokol kesehatan sehingga tidak ada kerumunan, publikasi kami juga batasi, kalau kita informasikan jauh-jauh hari ditakutkan orang-orang akan hadir dan tidak sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19," ungkapnya.

BACA JUGA : Flashmob HUT Kota Jogja Digelar Serentak di 16 Titik

Sebagai gantinya warga cukup menyaksikan berbagai suguhan kesenian ini secara daring melalui media sosial Pemkot Jogja. Dijelaskan Tion pra-acara ini direkam dan akan disiarkan bersamaan dengan acara puncak WJNC 2020 pada Rabu (21/10/2020).

Grup musik Arrow membawakan kembali beberapa lagu yang populer. Namun kejadian yang istimewa ialah saat Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi ikut tampil membawakan lagu Yogyakarta yang dipopulerkan KLA Project. Heroe nampak menikmati lagu bersama iring-iringan grup musik Arrow.

Selepas tampil, Heroe menjelaskan jika pra-acara ini digelar di beberapa titik agar tidak terjadi kerumunan namun seniman tetap mendapat rohnya ketika pentas langsung dari para pengendara yang melintas. "Kami konsepnya pada malam hari menjalankan pentas di pinggir jalan seperti pengamen untuk tidak menimbulkan kerumunan," ucapnya.

Tema WJNC tahun ini ialah Babat Alas Mertani. Dijelaskan Heroe Babat Alas Mertani bercerita tentang amarta membangun kerajaannya. Begitu juga ketiak hari ulang tahun Jogja berdiri Sri Sultan Hamengkubuwono I melakukan babat alas di Hutan Bering untuk membuka kota.

BACA JUGA : Harian Jogja Rayakan Ulang Tahun Ke-10

"Hari ini di saat pandemi seperti ini, kami mengharapkan yang dipimpin Ngarso Ndalem untuk kita bersama-sama seluruh warga Jogja babat alas untuk kebangkitan ekonomi, ini simbolisasi yang kita bangun di ulang tahun Kota Jogja ini harapan kami babat alas kembali agar kehidupan sosial, kehidupan ekonomi kembali pulih dengan syarat protokol kesehatan tetap dijalankan," jelasnya.