Pedagang Pasar Godean Minta Relokasi Jangan Terlalu Jauh

Los pakaian di Pasar Godean, Sleman, Kamis (21/5/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
30 Oktober 2020 10:17 WIB Hery Setiawan (ST18) Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Demi memuluskan program revitalisasi Pasar Godean, seluruh pedagang bakal direlokasi ke tempat penampungan sementara. Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui lokasi yang bakal digunakan. Pedagang berharap rencana ini tak mematikan pendapatan mereka.

Mamik, 54, seorang pedagang Pasar Godean mengatakan dalam beberapa tahun terakhir pendapatannya terus merosot. Kondisinya semakin parah saat pandemi Covid-19 datang menghantam. Biasanya, ia mampu meraup pendapatan hingga Rp2 Juta per hari. Namun kini, ia hanya mampu memperoleh omzet Rp300.000 per hari.

BACA JUGA: Beredar Surat Protes Warga Kauman Jogja Soal Ucapan Natal

Menurut Mamik, apa yang ia alami dapat menjadi patokan. Pasalnya, lokasi ia berdagang berada tepat di muka pintu masuk pasar. “Kami yang berjualan di depan saja sepi, apalagi yang berjualan di belakang. Hampir semua pedagang mengeluhkan soal pendapatan,” kata Mamik saat ditemui Harian Jogja, Kamis (29/10/2020).

Penurunan pendapatan, katanya, terjadi bukan hanya karena pandemi. Keberadaan sebuah toserba yang di seberang Pasar Godean, juga dituding sebagai biang sepinya pasar, karena menjual hampir semua barang yang dijual di pasar dengan harga yang lebih murah.

Oleh karena itu, dia menyambut baik rencana Pemkab Sleman yang bakal merevitalisasi Pasar Godean. Pasar yang digadang sebagai ikon baru Sleman itu, paling tidak dapat mendongkrak minat masyarakat untuk berbelanja ke pasar tradisional.

BACA JUGA: Wisatawan Tak Takut Corona, Jalur Jogja-Wonosari Macet

Kendati begitu, Mamik meminta pemerintah agar memerhatikan lokasi pedagang sementara. Selama Pasar Godean dibangun ulang, harapannya para pedagang memperoleh lokasi berjualan yang layak dan mudah dijangkau masyarakat. “Kami inginnya direlokasi ke lokasi yang dekat jalan raya supaya tetap ramai pembeli,” ujar Mamik.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Haris Martapa, mengatakan pemilihan tempat relokasi tetap mempertimbangkan permintaan para pedagang. Dalam setiap tahap, jajarannya selalu melibatkan Paguyuban Pedagang Pasar Godean sebagai representasi pedagang.

BACA JUGA: Wisata Pantai Gunungkidul Dipadati Pengunjung, Jaga Jarak Sulit Diterapkan

“Kami sudah survei beberapa lokasi untuk lokasi penampungan sementara. Perwakilan pedagang juga kami ajak. Terkait dengan lokasi serta kapan pastinya waktu relokasi, saat ini masih menunggu kepastian dana yang diajukan ke Pemerintah Pusat. Jadi, apakah revitalisasi dilakukan pada 2021 atau 2022, semua tergantung anggaran dari Pusat. Targetnya pertengahan Desember ini sudah mendapat kepastian dari Pusat,” katanya.

Saat ini, proyek revitalisasi Pasar Godean masih dalam tahap penyusunan detail engineering design [DED]. Pada tahap itu Pemkab Sleman juga menggelar lomba desain pasar. Menurut Haris, sudah ada 176 orang perancang yang mengirimkan karyanya. Dalam waktu dekat bakal ditentukan siapa pemenangnya.