KABAR KAMPUS: Maba Informatika Disiapkan Jadi Talenta Digital

Mahasiswa baru menampilkan Musik Drumband Bali untuk disajikan secara online dalam PKMB Informatika unriyo, Senin (2/11/2020). - Ist/Unriyo.
02 November 2020 22:27 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Prodi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKMB) Senin (2/11/2020). Mahasiswa baru (Maba) disiapkan untuk bisa terjun sebagai talenta digital di tengah perkembangan teknologi.

Ketua Prodi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Unriyo I Wayan Ordiyasa menjelaskan dalam PKMB 2020 ini digelar secara online diikuti 50 maba yang berasal dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan itu diarahkan sesuai tema yaitu untuk memperkuat karakter mahasiswa Informatika yang smart dalam talenta digital di era new normal.

BACA JUGA : Jogja Akan Menjadi Pusat Persiapan SDM Digital

“Kami arahkan bagaimana mereka akan masuk ke komunitas talenta digital. Kurikulum juga diadopsi materi yang mendukung untuk menguasai kegiatan bisnis di era Insutri 4.0, salah satunya ada mata kuliah big data agar mahasiswa memiliki talenta digital,” ungkapnya dalam rilisnya.

Pada awal tahun akademik ini, proses perkuliahan masih digelar secara daring di mana mahasiswa baru mengikuti perkuliahan dari rumah kemudian dosen menyiapkan materi secara online. Secara umum pelaksanaannya sudah menerapkan e-learning serta sistem perpaduan dengan tatap muka karena ada beberapa materi praktikum yang tidak bisa dilakukan secara online penuh.

Pihaknya memberikan bimbingan secara intens terutama kepada mahasiswa baru yang berasal dari jurusan non-IPA saat di jenjang menengah. Mengingat informatika termasuk ilmu yang mendekati  eksak. “Tetapi karena   mahasiswa baru saat ini sudah banyak yang menguasai teknologi, sehingga bimbingan bisa dilakukan dengan cepat dan maba bisa mengikuti perkuliahan online. Kami sudah dua kali berikan bimbingan,” ujarnya.

BACA JUGA : Paspor Digital Wajib Dimiliki Wisatawan di Jogja, Ini Cara 

Maba Informatika Unriyo Andini mengaku bersyukur bisa berkuliah di Jogja dengan mengambil prodi Informatika. Sebelumnya ia mencari informasi tentang kampus tersebut melalui media sosial. “Kebetulan saya suka dan sejak lama ingin masuk ke informatika,” kata maba asal Makassar ini.

Ia datang ke Jogja sejak awal Oktober dan selama perjalanan harus melalui beberapa tahapan untuk pencegahan Covid-19. “Kami ada beberapa tahapan termasuk cek darah di apotek, semua dinyatakan sehat dan bisa berangkat ke Jogja, saya bersyukur,” ujarnya.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Unriyo Hamzah menyatakan pelaksanaan PKMB 2020 ini dilakukan sesuai anjuran pemerintah dengan melaksanakan secara online. Ada sebanyak 12 mahasiswa baru yang datang kampus namun mereka menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA : Wisatawan Masuk Jogja Wajib Punya Paspor Digital 

“Karena DIY masih tanggap darurat penyelenggaraan perkuliahan masih secara daring. Maba hari ini sudah mulai perkuliahan secara online. Perkuliahan online ini menjadi salah satu implementasi pendidikan tinggi di era 4.0,” katanya.

Ia memastikan dosen untuk mendukung materi kuliah daring dengan menyiapkan berbagai konten menarik. Mahasiswa tidak hanya diberi materi dan tugas namun ada beberapa tutorial, forum diskusi online agar lebih interaktif. “Dosen juga kami berikan pendampingan agar semua menyuguhkan materi yang menarik bagi mahasiswa,” katanya.