Masyarakat Desa Diberdayakan untuk Peningkatan Kesejahteraan

Foto Ilustrasi petani menanam padi di Gunungkidul. - Harian Jogja/David Kurniawan
05 November 2020 08:57 WIB Sunartono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemberdayaan masyarakat desa terutama sektor pertanian yang menjadi mata pencaharian harus menjadi prioritas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jika perekonomian warga di pedesaan meningkat maka dinilai akan berdampak pada kesehatan dan pendidikan perlahan juga terfasilitasi dengan baik.

“Apabila kesejahteraan dan ekonomi meningkat, kesehatan anak-anak, pendidikan dan lainnya akan terangkat juga. Maka tidak bisa ditinggalkan peran penting masyarakat desa untuk pembangunan di Gunungkidul,” kata Cawabup Gunungkidul Martanty Soenar Dewi kepada wartawan usai Debat Pilkada di Gedung TVRI Jogja Selasa malam.

BACA JUGA : Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Melalui

Ia menilai desa menjadi tulang punggung pemerintahan sehingga harus lebih diberdayakan masyarakatnya. Sektor pertanian yang menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat desa memang harus menjadi fokus di pemerintahan.

“Masyarakat desa sebagai tulang punggung pemerintahan, tanpa mereka pemerintahan tidak berarti apa pun, masyarakat desa yang sekarang ini sudah berdaya, akan lebih diberdayakan, sektor pertanian yang menjadi pokok pencaharian jadi fokus sehingga kesejahteraan, ekonomi mereka meningkat,” katanya.

BACA JUGA : Program Desa Prima, Perempuan Bangunkerto Ikuti Pelatihan 

Menurutnya saat ini berbagai penanganan di pedesaan di Gunungkidul sudah baik. Selama kepemimppinan saat ini sudah banyak menunjukkan keberhasilan.  “Kebijakan saat ini sudah bagus sehingga tinggal melanjutkan, jika terpilih kami akan melanjutkan titik yang sudah bagus kami pertahankan dan yang kurang akan kami angkat.  Sehingga pemerintahan sekarang ini masyarakat sudah mengetahui semua masyarakat sangat mencintai bu Badingah karena merasakan keberhasilannya,” katanya.