11 Produk UMKM Banguntapan Dipamerkan di Lippo Plaza

Foto Ilustrasi Pameran UMKM. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
10 November 2020 17:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 11 produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Banguntapan ikut dipamerkan dalam dalam ajang Expo Pesona Indonesia di Lippo Plaza, Sleman.

Camat Banguntapan Fauzam Mu'arifin mengatakan pameran produk UMKM di Lippo Plaza digelar mulai 3 November lalu hingga 29 November mendatang.  Beberapa produk UMKM yang dipamerkan dari Banguntapan di antaranya produk makanan adalah emping melinjo, lele presto, teh telang, susu edamame dan aneka camilan dari kacang.

BACA JUGA : UMKM di Bantul Dapat Bantuan Rp2,4 Juta, Budi: Untuk

Sementara produk non makanan di antaranya adalah batik akasia, batik kalisuci, batik mekar abadi, masker batik, dan pakaian lainnya. Fauzan bersyukur produk UMKM di wilayahnya dipercaya untuk ikut pameran tingkat DIY tersebut, "Ini menjadi ajang promosi terutama ke pusat," kata Fauzan, Selasa (10/11).

Menurut Fauzan, berdasarkan informasi panitia ada puluhan UMKM yang ikut dalam pameran se-DIY tesebut.  Nantinya semua UMKM yang ikut dalam pameran tersebut akan dikurasi dan dipilih beberapa UMKM. Selanjutnya UMKM yang lolos kurasi akan menjadi UMKM pemasok maskapai Garuda Indonesia milik Badan Usaha Milik Negaran (BUMN).

Ketua Panitia sekaligus Direktur Pelita MICE, Sukanti Swastika mengatakan kegiatan pameran diikuti 80 UMKM dalam 15 stan.  Acara yang diprakarsai Garuda Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu juga diselenggarakan di sejunlah daerah. "Tujuan utamanya dari kegiatan tersebut,  untuk kurasi Garuda Indonesia, dimana pemenang utamanya akan memenangkan studi banding ke Cina atau Malaysia," kata dia. 

BACA JUGA : Baru 29.049 UMKM di Bantul yang Disetujui Dapat BLT 

Selain itu juga untuk menggeliatkan ekonomi yang terhambat akibat pandemi Covid-19. Sukanti menyatakan selama proses pameran UMKM dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan.