Bantul Anggarkan Rp17 Miliar Untuk Padat Karya

Ilustrasi. - Freepik
13 November 2020 09:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul menganggarkan Rp17,1 miliar untuk program pembangunan infrastruktur padat karya. Anggaran tersebut terdiri dari APBD Bantul dan APBD DIY.

Sekretaris Disnakertrans Bantul, Istirul Widilastuti mengatakan jelang akhir tahun ini ada 171 paket program padat karya yang setiap paketnya di anggarkan Rp100 juta. “Sebanyak 142 paket dibiayai dari APBD Perubahan dan 29 paket melalui bantuan keuangan khusus [BKK] Pemda DIY,” kata Istirul, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Bijak Bermedia Sosial dalam Beragam Kegiatan

Saat ini program padat karya tersebut, kata Istirul, sudah mulai sosialisasi, bimbingan teknis tukang dan petugas lapangan, bahkan beberapa paket sudah mulai distribusi material bangunan. Menurut dia sebagian besar paket padat karya tersebut adalah pengerjaan jalan corblok, talut, dan jembatan lingkungan.

Proses pengerjaan dilakukan selama 21 hari mulai 20 November sampai 10 Desember mendatang. Disinggung soal kemungkinan tingginya musim hujan di akhir bulan ini ditambah adanya fenomena La Nina, Istirul tidak menampiknya. Jawatannya sudah mengingatkan terkait adanya musim penghujan.

Baca juga: Nilai Investasi Proyek Tol Jogja-Bawen Rp14 Triliun

“Yang penting pengerjaannya 21 hari. Ketika nanti ada hujan yang tidak memungkinkan untuk dilanjutkan bisa ditunda terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan lagi saat tidak ada hujan. Yang penting dalam hambatan itu nanti menjadi catatan yang harus dilaporkan,” ungkap Istirul.

Lebih lanjut Istirul meminta masyarakat untuk mengerjakan proyek padat karya tersebut sungguh-sungguh dan sesuai spek agar tidak menjadi persoalan dikemudian hari.

Menurut Istirul program padat karya berasal dari pengajuan proposal dari masyarakat yang kemudian diverifikasi sesuai kebutuhan yang mendesak. Tahun ini paket padat karya lebih sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai 198 paket dengan nilai yang sama.