KPU Sleman Hanya Tayangkan Visi Misi Paslon No 3, Begini Kata JCW

Ilustrasi. - Freepik
14 November 2020 16:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Jogja Corruption Watch (JCW) turut buka suara terkait dengan akun twiter@KPUSleman yang mengirim sebuah status dan video ajakan untuk mengetahui visi misi calon bupati Sleman tahun 2020 nomor urut 3, yakni pasangan Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa.

Dalam status dan video diakun twiter @KPUSleman tersebut tertulis Halo#Sobatpemilih sudah tau visi misi calon pemimpin Sleman pilihanmu? Kenali dan cermati Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman pilihanmu melalui visi misi dan program mereka dan pastikan datanglah ke TPS 9 Desember 2020 gunakan hak pilihmu.

Status dan video tersebut diunggah pada Sabtu (14/11/2020) pukul 00.40 WIB, yang hanya menampilkan visi misi pasang calon Bupati Sleman nomor urut 3.

Baca juga: Unggah Visi-Misi Satu Paslon, KPU Sleman Dinilai Berpihak

Terkait dengan hal tersebut, Jogja Corruption Watch (JCW) menyatakan sangat menyayangkan adanya status dan video yang hanya menayangkan visi misi paslon nomor urut 3. "Padahal, anggaran KPU Sleman sebagai penyelenggara pemilu milirian rupiah," tulis Aktivis JCW, Baharuddin Kamba dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (14/11/2020).

Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman didorong untuk menjelaskan kepada publik perihal tersebut secara transparan, akuntabel dan profesional. Siapa pun pihak yang sengaja menampilkan status dan video tersebut, harus diberi sanksi tegas.

"Hal ini penting guna menjaga marwah netralitas dan integritas KPU Sleman sebagai penyelenggara pemilu," lanjut Kamba.

Baca juga: Akun Twitter @KPUSleman Jadi Sorotan Warganet, Ada Apa?

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman dan Bawaslu propinsi DIY menurutnya wajib turun tangan untuk mengusut tuntas atas kasus ini. Sementara Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Republik Indonesia juga dapat berperan aktif dalam mengusut tuntas adanya status dan video di akun twiter@KPUSleman.*