MES UIN Sunan Kalijaga Gelar Asistensi Publikasi Internasional

Ilustrasi. - Freepik
16 November 2020 14:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Program Magister Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogja menggelar kegiatan Asistensi Publikasi Internasional. Kegiatan untuk mahasiswa magister ekonomi syariah dan para dosen dalam lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ini digelar pada Sabtu (14/11/2020) November 2020 secara virtual meeting melalui aplikasi zoom.

Kaprodi Magister Ekonomi Syariah (MES), Muhammad Ghafur Wibowo mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para dosen dan mahasiswa agar mampu menghasilkan karya ilmiah berkualitas dan dapat menerbitkannya di jurnal ilmiah nasional maupun internasional.

Baca juga: Kantor Disdukcapil Kulonprogo Ditutup Tiga Hari setelah Ada ASN Terjangkit Covid-19

Kegiatan asistensi publikasi internasional ini serangkaian acara The Marvellous MES 2020 yang mengambil tema yakni MES untuk Bangsa, MES mendunia. Kegiatan dimulai dengan studium general prodi MES pada 10 Oktober 2020, Webinar Metedologi Riset prodi MES pada 17 Oktober 2020, dan Workshop redesain kurikulum MES pada 24 Oktober 2020.

Hadir sebagai pemateri pada acara ini adalah (sesi pagi) yakni Mohamad Soleh Nurzaman dengan tema Topik-topik Terkini Penelitian Bidang Ekonomi, Keuangan, Perbankan Syariah, dilanjutkan dengan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi oleh Assoc. Prof. Mohamed Asmy Mohd Thas Thaker dan ditutup oleh Neneng Ela Fauziyah (Peneliti Ekonomi & Perbankan Syariah, Alumni IIU Malaysia) dengan tema Pengalaman Menulis Karya Ilmiah Berstandar Internasional.

Baca juga: Ini Protokol Kesehatan Wajib Sebelum dan Sesudah Berdagang

Adapun pada sesi siang hadir sebagai narasumber adalah Prof. Nurul Huda, (Kaprodi MM Univ. YARSI) dengan topik Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi kemudian Prof. Hadri Kusuma (Guru Besar FEB UII Yogyakarta) dengan topik Mencari Kebaruan (novelty) dalam Penelitian serta Prof. Dr. Salina Kassim (Guru Besar IIU Malaysia) dengan Topik-topik Terkini Penelitian Bidang Ekonomi, Keuangan, Perbankan Syariah.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan FEBI UIN Sunan Kalijaga, Afdawaiza dan dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari para dosen, mahasiswa, dan tamu undangan. (ADV)