Advertisement

Kantor Disdukcapil Kulonprogo Ditutup Tiga Hari setelah Ada ASN Terjangkit Covid-19

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 16 November 2020 - 11:47 WIB
Nina Atmasari
Kantor Disdukcapil Kulonprogo Ditutup Tiga Hari setelah Ada ASN Terjangkit Covid-19 Kantor Disdukcapil Kulonprogo ditutup pada Senin (16/11/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Pegawai Pemkab Kulonprogo yang dinyatakan positif Covid-19 ternyata Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo. Saat ini kantor tersebut ditutup untuk sementara waktu.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana mengatakan penutupan kantor yang berlokasi di jalan Sugiman, Kemiri, Margosari, Pengasih itu berlaku selama tiga hari terhitung sejak hari ini, Senin-Rabu (16-19/11).

Advertisement

"Kantor Disdukcapil untuk sementara ini kami tutup selama tiga, karena ada [pegawai] yang terpapar Covid-19. Pegawai di sana sudah kita swab, dan hasilnya nunggu tiga hari, setelah keluar nanti akan kami lakukan tindak lanjut," terang Fajar kepada awak media Senin pagi.

Baca juga: Merapi Siaga, Begini Nasib Pelaku Usaha di Kaliurang

Fajar mengatakan sebagai upaya sterilisasi kantor tersebut, pihaknya sudah melakukan penyemprotan disinfektan di sana. Seluruh pegawai Disdukcapil juga diikutkan swab test guna mengetahui sebaran virus.

Kepada masyarakat yang ingin mengurus berkas kependudukan, sementara waktu dilakukan di kantor-kantor kapanewon dan layanan aplikasi online yang sudah disediakan Disdukcapil.

Diberitakan sebelumnya, salah satu pegawai di lingkungan Pemkab Kulonprogo dinyatakan positif Covid-19. Pegawai itu adalah KP-277, perempuan, 53, Beji, Wates. Pasien yang kini dirawat di RSUD Wates itu menunjukkan gejala terjangkit Covid-19 usai pulang dari perjalanan dinas di Wonogiri dan Salatiga, Jawa Tengah. Setelah dilakukan swab test, diketahui bahwa pegawai tersebut positif Covid-19. Penderita ini juga memiliki keterikatan dengan KP-274, perempuan, 37, asal Kedungsari, Pengasih.

Baca juga: Proyek Tugu Jogja Bergeser ke Utara, Rekayasa Lalin Diubah

Terhadap KP-277, gugus tugas sudah melakukan tracing dan hasilnya diperoleh 39 orang yang meliputi keluarga kasus positif, teman satu kantor dan lintas kantor yang masuk kriteria kontak erat kasus positif. Mereka kemudian menjalani swab test pada Sabtu-Minggu (14-15/11).

"50 persen di antaranya memiliki gejala tapi untuk hasil swab belum keluar, nanti kami informasikan kembali," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement